Liga Indonesia

Pernah 3 Kali Gagal, Tangan Kanan Shin Tae-yong Optimis Timnas U-23 Juara SEA Games 2021

Minggu, 10 April 2022 20:34 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© PSSI
Latihan Timnas Indonesia U-23 di Tajikistan. Copyright: © PSSI
Latihan Timnas Indonesia U-23 di Tajikistan.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti optimis Timnas Indonesia U-23 juara SEA Games 2021 di Vietnam yang digelar Mei nanti. Dia menilai skuat yang ada saat ini lebih tangguh dibanding sebelumnya. 

Bima Sakti berpesan agar pemain Timnas Indonesia U-23 harus berani lawan tim mana pun. Thailand ataupun Vietnam yang selama ini jadi batu sandungan wajib disingkirkan. 

"Gak usah takut, mau lawan Thailand pun," buka Bima Sakti memimpin latihan Timnas U-23 di Stadion Madya Senayan, Jakarta. 

Bima Sakti berharap Timnas U-23 tahun ini mewujutkan impian masyarakat Indonesia yang rindu melihat tim Merah Putih berprestasi. Terakhir kali Garuda Muda raih medali emas yakni SEA Games 1991 di Filipina. 

"Insa Allah tahun ini bisa juara. Kita dari tahun 1991 belum juara lagi," tuturnya dikutip dari YouTube PSSI.

"Mohon maaf saya tiga kali gak pernah juara dari tahun 1995, 1997 dan 1999," imbuhnya. 

Bima Sakti kini jadi tangan kanan pelatih Timnas U-23, Shin Tae-yong. Dia diminta memimpin latihan skuad Garuda Muda di Jakarta, sebelum nanti berangkat TC di Korea Selatan. 

Pasalnya, Shin Tae-yong kini tengah menangani Timnas U-19 yang juga TC di Korea Selatan.

"Saya berkoordinasi dengan coach Shin lewat coach Nova juga bahwasannya ini latihan pertama mereka setelah mereka selesai berkompetisi, jadi ini masa transisi mereka," kata Bima Sakti.

"Coach Shin juga memberikan jadwal sore, dan malam gym. Latihannya tadi banyak ke passing, coach Shin selalu bilang ke kami, perbaiki passing mereka," sambungnya.

"Terus ada rondo, kemudian ada small game, coaching point-nya masalah transisi, karena itu yang difokuskan coach Shin," tambah legenda Timnas Indonesia tersebut.