Liga Indonesia

Tergabung di Grup B, Timnas Indonesia Bertemu Meksiko dan Raksasa Afrika di Toulon Cup

Jumat, 15 April 2022 10:53 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI.
Tergabung di Grup B, Timnas Indonesia Bertemu Meksiko dan Raksasa Afrika di Toulon Cup. Copyright: © PSSI.
Tergabung di Grup B, Timnas Indonesia Bertemu Meksiko dan Raksasa Afrika di Toulon Cup.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia dihadapkan dengan tantangan yang tidak mudah di turnamen Toulon Cup 2022. Meksiko dan tim Raksasa Afrika, Ghana bakal menghadang langkah Garuda Nusantara.

Toulon Tournament atau yang disebut Festival International "Espoirs" Tournoi Maurice Revello adalah turnamen sepak bola junior dari level U-17 hingga U-23.

Ini merupakan turnamen anual alias digelar setiap tahun. Namun, pada edisi 2020 dan 2021, event ini tidak diadakan akibat pandemi Covid-19.

Selain itu, tidak semua negara mendapatkan undangan. Tercatat, untuk kawasan (AFC) baru empat negara yang pernah tampil, yaitu Jepang, China, Bahrain serta Indonesia.

Ini bukan kali pertama Timnas Indonesia tampil di Toulon Cup. Pada 2017 silam, pelatih Indra Sjafri membawa talenta muda macam Egy maulana Vikri, Witan Sulaeman, Hanis Saghara Putra, Nurhidayat, Firza Andika, dan masih banyak lagi.

Saat itu, tim Merah Putih tergabung di Grup C bersama Brasil, Skotlandia, dan Republik Ceko. Hasilnya Timnas Indonesia gagal lolos dari fase grup lantaran kalah 0-1 dari Brasil, 0-2 dari Ceko, dan 1-2 dari Skotlandia.

Pengalaman pahit itu harus jadi cambuk bagi skuad Garuda Nusantara yang akan kembali berjuang di Toulon Cup 2022.

Untuk mempersiapkan turnamen tersebut, kini Timnas Indonesia U-19 sedang melakoni pemusatan pelatihan (TC) di Korea Selatan.

Pasukan Shin Tae-yong diharapkan bisa tampil totalitas dalam turnamen eksibisi yang bakal dilangsungkan di Prancis tersebut.