Bola Internasional

4 Tim Liga Jepang yang Mampu Juara Liga Champions Asia

Kamis, 21 April 2022 17:52 WIB
Editor: Herry Ibrahim
© J.LEAGUE
Klub Liga Jepang, Jubilo Iwata saat menjuarai Liga Champions Asia pada tahun 2008 lalu. Copyright: © J.LEAGUE
Klub Liga Jepang, Jubilo Iwata saat menjuarai Liga Champions Asia pada tahun 2008 lalu.

INDOSPORT.COM - Sejak J.League bergulir pada 1993, ada empat tim Liga Jepang yang mampu meraih gelar juara Liga Champions Asia.

Sebelum era J.League dimulai, sebenarnya ada dua tim asal Jepang yang sudah mampu juara Liga Champions Asia yang saat itu masih bernama Asian Club Championship.

Furukawa Electric (sekarang bernama JEF United Chiba) jadi yang pertama, jadi juara pada musim 1986 dengan memuncaki grup ronde final yang juga berisi Al-Hilal (Arab Saudi), Liaoning FC (Cina), dan Al-Talaba (Irak).

Setelah itu, ada Yomiuri FC (sekarang bernama Tokyo Verdy) yang jadi juara usai menang Walk Out lawan Al-Hilal (Arab Saudi) di final musim 1987.

Setelah J.League bergulir pada 1993, keduanya tak mampu mengulangi prestasi tersebut, dengan ada empat tim J.League lain yang mampu jadi juara.

Pada musim 1998-1999, Jubilo Iwata berhasil jadi juara Asian Club Championship dengan mengalahkan wakil Iran, Esteghlal, di final dengan skor 2-1, meski laga dihelat di Teheran, Iran, dan dihadiri 121 ribu penonton tuan rumah.

Jubilo sebenarnya mampu masuk ke final lagi dalam dua musim setelahnya, tetapi selalu kalah di final, dari Al-Hilal dan juga Suwon Samsung Bluewings.

Setelah era keemasan Jubilo Iwata, baru pada 2007 ada tim J.League yang juara lagi, kali ini dengan kompetisi sudah berubah nama jadi AFC Champions League alias Liga Champions Asia.