Liga Indonesia

Cegah Pemain Timnas Indonesia U-16 Kegendutan, Ini Cara Canggih PSSI dan Bima Sakti

Kamis, 21 April 2022 07:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© Da'Yerimon/Indosport.com
Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti. Foto: Da'Yerimon/Indosport.com Copyright: © Da'Yerimon/Indosport.com
Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti. Foto: Da'Yerimon/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti dan PSSI mempunyai cara agar berat badan para pemain tetap ideal sebagai seorang atlet.

40 pemain Timnas Indonesia U-16 yang sedang menjalani pemusatan latihan di Jakarta menjalani InBody Test di Medical Center PSSI di GBK Arena Jakarta, Selasa (19/04/22). 

Kegiatan itu adalah bagian sport science yang mengukur komposisi tubuh. Data dari InBody Test juga digunakan untuk merancang program latihan agar tepat sasaran dan terukur. 

"Memasuki lima hari pemusatan latihan, kiranya kami perlu melakukan test ini. InBody memungkinkan kami para pelatih dan juga ahli gizi untuk mengukur komposisi tubuh," jelas pelatih Timnas U-16, Bima Sakti

"Dengan test ini, kami bisa melacak dari mana penurunan atau kenaikan berat badan berasal, dengan cara yang nyaman dan tepat waktu, serta merancang program latihan yang tepat sasaran dan terukur,” imbuhnya. 

Adapun, dalam test itu juga dilihat jumlah protein, massa lemak pada tubuh, dan mineral yang ada dalam kandungan tubuh pemain Timnas U-16. 

“Apabila ada pemain yang berat badannya tidak ideal atau terlalu banyak lemak pada tubuh, akan kita atur kembali pola latihan yang tepat. Sehingga nanti pemain tersebut mendapatkan bentuk tubuh ideal sebagai atlet sepak bola,” kata Bima Sakti.

Pemusatan latihan Timnas U-16 bulan ini adalah persiapan akhir menuju Piala AFF U-16. Selain itu, skuad Garuda Asia juga bakal ikut Kualifikasi Piala AFC U-17 tahun ini. 

"Yang jelas, Piala AFF U-17 akan berlangsung akhir Juli, sehingga kami ada waktu untuk membentuk tim," urai Bima Sakti.