Liga Indonesia

Pelatih Bali United Bicara soal Liga 1, Piala AFC dan Piala Walikota Solo

Sabtu, 23 April 2022 11:36 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco menyambut positif pemilihan 27 Juli 2022 mendatangf sebagai waktu kick off kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Semakin cepat jadwal dibuat maka klub-klub Liga 1 lebih mudah menyusun program ke depan. PSSI punya keinginan memulai kompetisi pada 27 Juli mendatang.

Keinginan ini disampaikan sang ketua umum, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, ketika acara di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 19 April lalu.

Iwan Bule memastikan kompetisi akan digelar dengan format kandang dan tandang. Sebelum kompetisi digulirkan, 18 klub Liga 1 lebih dahulu bertarung dalam ajang pramusim.

Pengumuman ini banyak diragukan para pecinta sepak bola nasional, bila berkaca pada pengalaman tahun-tahun sebelumnya, yang selalu molor dari rencana awal.

Namun, pengumuman ini tetap disambut gembira klub Liga 1, termasuk sang juawa bertahan Bali United. Sebelum tampil di Liga 1, mereka akan mewakili Indonesia pada ajang Piala AFC 2022.

Untuk itu, ketika tanggal dimulainya kompetisi telah ditetapkan jauh-jauh hari, skuat Serdadu Tridatu bisa membuat rancangan kerja semusim kedepan lebih tepat.

"Bagus. Ketika semua tim sudah tahu jadwal dari pertandingan pertama akhir, ini akan membantu persiapan dari semua tim. Lebih mudah juga buat bikin program latihan," kata pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, Jumat (22/4/22) malam.

Pemilihan tanggal 27 Juli 2022 juga dirasa Teco sebagai waktu yang ideal memulai kompetisi. Ada jarak hampir empat bulan dari kompetisi Liga 1 musim 2021/2022.

Satu bulan digunakan untuk istirahat, sekaligus evaluasi tim serta berburu pemain baru. Lalu 2,5 bulan digunakan untuk latihan sekaligus uji coba.

"Semua tim punya waktu cukup untuk melakukan masa persiapan yang bagus," tutur pelatih asal Brasil ini.