In-depth

Profil Pelatih Baru Persija Jakarta, Thomas Doll: Rekam Jejak hingga Prestasinya

Sabtu, 23 April 2022 15:39 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© persija.id
Berikut profil pelatih asal Jerman bernama Thomas Doll yang baru saja diresmikan oleh Persija Jakarta untuk mengarungi Liga 1 2022-2023. Copyright: © persija.id
Berikut profil pelatih asal Jerman bernama Thomas Doll yang baru saja diresmikan oleh Persija Jakarta untuk mengarungi Liga 1 2022-2023.

INDOSPORT.COM - Berikut profil pelatih asal Jerman bernama Thomas Doll yang baru saja diresmikan oleh Persija Jakarta untuk mengarungi Liga 1 2022-2023.

Seperti diketahui, lewat akun Instagram resmi Persija Jakarta, manajemen Macan Kemayoran memperkenalkan Thomas Doll sebagai pelatih baru pada Sabtu (23/04/22) siang WIB.

Pelatih berusia 56 tahun tersebut telah sepakat menandatangi kontrak berdurasi tiga musim. Ia juga mendapatkan jabatan ganda yaitu sebagai manajer.

Banyak pecinta sepak bola Indonesia terutama fans Persija Jakarta yang masih penasaran siapa sosok Thomas Doll. Berikut INDOSPORT telah merangkumnya:

Thomas Doll Sempat Menjadi Gelandang Andalan Timnas Jerman

Thomas Doll merupakan pria kelahiran 9 April 1966 silam di Malchin, Jerman. Sebelum menjadi pelatih, ia sempat merasakan karier sebagai pemain sepak bola profesional.

Klub pertama Thomas Doll adalah Hansa Rostock yang ia bela di level senior sejak 1986 silam. Selain di Jerman, ia juga sempat ke luar negeri seperti memperkuat klub Italia, Lazio dan Bari.

Karena penampilan apiknya di level klub, Thomas Doll kemudian menjadi langganan sektor gelandang Timnas Jerman di era 90-an.

Prestasi yang paling tidak bisa ia lupakan yaitu saat berhasil membawa Timnas Jerman lolos ke final Piala Eropa 1992. Akan tetapi, dirinya gagal membawa Der Panzer juara setelaj kalah 0-2 dari Denmark di partai final.

Setelah kariernya menurun karena faktor usia, Thomas Doll kemudian memutuskan pensiun pada 2001 silam. Ia tetap tidak meninggalkan dunia sepak bola langsung menjalani kursus kepelatihan.

Tim pertama yang ia besut yakni klub Jerman, Hamburger SV U-19 pada 2001. Setelah itu kariernya terus meningkat dan dipercaya memegang kendali tim utama Hamburger SV di 2004.

Meski baru satu tahun menjadi pelatih kepala, Thomas Doll mampu membawa Hamburger SV meraih juara Piala Intertoto 2005 setelah menang agregat 1-0 atas Valencia di final.