Bola Internasional

Respons Bijak Iwan Bule Pasca-Timnas U-23 Dihajar Pohang Steelers, Puas?

Minggu, 24 April 2022 14:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Naufal/PSSI
Timnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan Andong University dengan skor 4-2 di Haemaji Football Field, Korea Selatan, Kamis (21/04/22). Foto: Naufal/PSSI Copyright: © Naufal/PSSI
Timnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan Andong University dengan skor 4-2 di Haemaji Football Field, Korea Selatan, Kamis (21/04/22). Foto: Naufal/PSSI

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-23 kalah 0-2 dari klub K-League, Pohang Steelers, dalam laga uji coba di Stadion Steel Yard, Pohang, Sabtu (23/4/22). Hasil itu direspons santai oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. 

Timnas U-23 turun dengan kekuatan terbaik dan kedua tim bermain imbang 0-0 di babak pertama. Tapi, pertahanan Skuat Garuda akhirnya terbongkar di babak kedua dan kebobolan dua gol. 

Meski hasil uji coba kurang bagus, Mochamad Iriawan toh menanggapinya dengan santai. Dia mengatakan kekalahan itu menjadi salah satu bagian dari proses timnas Indonesia U-23 menuju SEA Games 2021.

"Meski kalah, perkembangan pemain selama mengikuti pemusatan latihan di Korea Selatan terus meningkat," kata Iwan Bule, sapaan akrab Iriawan, Minggu (24/4/22). 

"Saya berharap pemain terus fokus, disiplin dan terus berjuang keras apalagi di SEA Games nanti kami menargetkan medali emas," imbuhnya. 

Di sisi lain, pelatih timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, menjelaskan bahwa masih banyak kekurangan dari tim asuhannya. Tempo permainan masih lambat dan pemain kerap terlambat mengirimkan umpan. 

"Evaluasi saya salah satunya ini, soal tempo pertandingan dan waktu memberi umpan," ujar juru taktik berkebangsaan Korea Selatan tersebut.

Sebelum kalah dari Pohang Steelers, timnas Indonesia U-23 mendulang kemenangan meyakinkan 4-2 atas Andong University dalam laga uji coba perdana.