Bola Internasional

Debut di Eredivisie Belanda, Shin Tae-yong Diminta Panggil Jelmaan Ryan Giggs ke Timnas Indonesia

Rabu, 27 April 2022 03:49 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia yakni Shin Tae-yong diminta memanggil Miliano Jonathans yang baru saja menjalani debut di kasta tertinggi Liga Belanda atau Eredivisie Belanda.

Seperti diketahui, Eredivisie Belanda seolah tidak pernah berhenti menelurkan talenta berbakat yang memiliki darah Indonesia. Yang terbaru adalah Miliano Jonathans yang merupakan wonderkid blasteran Belanda-Indonesia milik Vitesse Arnhem.

Jonathans berkesempatan tampil sebagai pemain pengganti di menit ke-84 dalam lawatannya timnya ke markas Willem II pada Minggu (24/04/22) lalu.

Sayangnya waktu yang sedemikian sempit tidak bisa membuat youngster berusia 18 tahun itu membuat banyak perbedaan. Vitesse pulang dengan tangan hampa usai kalah dengan skor tipis 1-0.

Debut Miliano Jonathans sendiri sudah cukup lama diantisipasi oleh publik Vitesse Arnhem. Itu karena si pemain adalah putra daerah sekaligus produk asli akademi.

Lahir dan tumbuh besar di kota Arnhem, Jonathans belajar sepak bola dari Arnhemse Boys FC dan Arnhemse Boys Schuytgraaf sebelum akhirnya diangkut oleh akademi Arnhem pada 2014 silam.

Pada 2020 lalu pihak Vitesse menyodorinya kontrak profesional. Tim berjuluk Airborne FC tersebut merasa terpikat dengan haya bermain Jonathans yang mirip dengan legenda Wales dan Manchester United, Ryan Giggs.

Di berbagai level usia, Jonathans sukses menunjukkan jika ia memang punya bakat. Selain kaki kidal yang cepat dan tekhnik, flair adalah senjata andalan sang remaja.

Jonathans tidak pernah ragu-ragu dalam menunjukkan skill saat mencoba menembus pertahanan lawan. Sesekali tekhnik nutmeg yang merupakan trik mengolongi pemain bertahan dengan percaya diri ia peragakan.

Hal itu membuat Miliano Jonathans bisa berkembang menjadi pemain sayap kiri yang baik. Jika konsisten dalam bertumbuh, maka bukan tidak mungkin ia akan bermain reguler untuk Vitesse Arnhem di masa depan.