Liga Indonesia

Liga 1: Persib Jadi Korban Eksodus 12 Pemain, Umuh Muchtar Akhirnya Angkat Bicara

Minggu, 1 Mei 2022 14:10 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Arif Rahman/Indosport.com
Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, angkat bicara soal banyaknya pemain yang meninggalkan Persib Bandung usai Liga 1 2021-2022. Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, angkat bicara soal banyaknya pemain yang meninggalkan Persib Bandung usai Liga 1 2021-2022.

INDOSPORT.COM - Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, angkat bicara soal banyaknya pemain yang meninggalkan Persib Bandung usai Liga 1 2021-2022.

Menurut Umuh, keluar masuk pemain setelah berakhirnya kompetisi merupakan hal yang wajar dalam sepak bola dan mayoritas tim pasti melakukan perubahan komposisi pemain, untuk persiapan menghadapi kompetisi musim depan.

Sebagai informasi, hingga saat ini sudah 12 pemain berpisah dengan tim kebanggaan Bobotoh. Beberapa di antaranya tidak diperpanjang kontraknya dan ada yang memilih untuk bergabung dengan tim lain.

Esteban Vizcarra menjadi pemain pertama yang dilepas oleh skuat Maung Bandung, setelah berakhirnya kompetisi Liga 1 2021-2022 dan kontaknya tidak diperpanjang oleh manajemen.

Kemudian, Indra Mustafa, dilanjutkan Gian Zola yang sebelumnya dipinjamkan ke Persela Lamongan, setelah itu Mario Jardel dan bek senior yang turut mengantarkan Persib meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014, Supardi Nasir.

Selanjutnya, Bruno Cantanhede juga dilepas, setelah kontraknya tidak diperpanjang oleh manajemen Persib, diikuti Puja Abdillah, Dhika Bayangkara, Ardi Idrus, Mohammed Rashid, Muhammad Natshir dan Aqil Savik.

"Tidak masalah, itu wajar, semua pun juga itu lumrah, semua klub pasti tidak ada yang utuh, tiap tahun tidak akan utuh," ungkap Umuh.

"Pengurus pun tidak akan utuh, karena orang saling berganti, ada masanya, ada umur. Persib yang tidak berganti, persib yang utuh dan tetap berjaya, kalau (perubahan komposisi) pemainnya mah sudah lumrah," jelas Umuh Muchtar.

Manajemen Persib Bandung sendiri sudah fokus mempersiapkan skuat Maung Bandung untuk menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, di antaranya dengan mendatangkan pemain anyar.

Sejauh ini, Persib Bandung sudah merekrut enam pemain anyar untuk persiapan menghadapi  Liga 1 2022-2023, yakni Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Ciro Alves, David Rumakiek, Fitrul Dwi Rustapa, dan Eriyanto.