In-depth

Pernah Akur, Ini 3 Momen saat Bonek dan Jakmania 'Nyetadion' Bersama

Selasa, 3 Mei 2022 08:10 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Suporter Persebaya Surabaya, Bonekmania, saat memadati Stadion Gelora Bung Tomo, Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Suporter Persebaya Surabaya, Bonekmania, saat memadati Stadion Gelora Bung Tomo,

INDOSPORT.COM - Pernah damai, berikut ini adalah tiga momen ketika para suporter Persebaya Surabaya (Bonek) dan Persija Jakarta (Jakmania) ada di satu stadion.

Sebagaimana diketahui, hubungan Bonek dan Jakmania kurang harmonis sejak lama. Entah laga mana yang menjadi titik sejarah pertama kali keduanya bentrok di stadion.

Konon, adu gengsi sudah terjadi sejak Persija bertemu Persebaya di era 1950-an. Perselisihan terjadi pada tahun 1973, saat penentuan juara.

Persija menang berkat gol Andi Lala, tapi ada sedikit kericuhan. Iswadi Idris yang merasa dikasari Rusdy Bahalwan (Persebaya) tak bisa menutup emosinya.

Empat tahun berselang, Persebaya mampu membalas kekecewaannya pada final 1977. Kala itu, Bajul Ijo membungkam ribuan pendukung Persija dengan skor 4-3 di GBK.

Singkat cerita, Persebaya Surabaya sempat turun ke Liga 2 dan tak berjumpa Persija Jakarta. Kedua tim akhirnya kembali tatap muka di lapangan hijau saat Bajul Ijo promosi ke Liga 1 2018.

Sesuai dugaan, bentrokan antara suporter Persebaya, Bonek, dengan The Jakmania dari Persija Jakarta kembali terjadi di Bantul, Yogyakarta, bulan Juni tahun 2018 lalu.

Ada pelemparan batu dari oknum ke bus Jakmania. Bentrokan itu pun melibatkan puluhan suporter dari kedua kubu, yang mengalami luka-luka dan harus dibawa ke rumah sakit.