Liga Indonesia

Mengenang Piala Presiden 2018, Turnamen Pramusim yang Tak Jodoh dengan Para Juara Grup

Kamis, 5 Mei 2022 20:30 WIB
Editor: Juni Adi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Mengenang Piala Presiden 2018, para juara grup yang tidak menjuarai kompetisi Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Mengenang Piala Presiden 2018, para juara grup yang tidak menjuarai kompetisi

INDOSPORT.COM - Piala Presiden adalah salah satu turnamen pramusim yang cukup bergengsi di Indonesia. Salah satu edisi yang dikenang adalah pada tahun 2018.

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1, saat ini tengah memasuki masa libur dengan diisi agenda bursa transfer perpindahan pemain dari satu klub ke klub lain.

Selain bursa transfer, agenda lain yang biasanya dilakukan adalah menggelar turnamen pramusim, Piala Presiden merupakan salah satunya.

Tahun ini, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) siap kembali menggelar turnamen pramusim, sebelum menggelar Liga 1 2022. Lokasinya sedang dipertimbangkan, antara Kalimantan Timur atau Jawa Timur.

Liga 1 rencananya akan kick-off pada 27 Juli, meskipun masih bisa berubah sesuai hasil di Kongres PSSI 2022. Sementara turnamen pramusim akan digelar pada bulan Juni.

"Ada tempat tertentu yang kami pikirkan. Selama ini kami belum memberikan jatah ke daerah luar Pulau Jawa. Misalnya nanti ada satu grup di Kaltim," kata Direktur Operasional PT LIB Sudjarno kepada wartawan, Senin (25/04/22).

"Ini usulan kami ke PSSI. Kami belum memberikan kesempatan ke daerah di Pulau Jawa misalnya di Jatim."

"Ini sedang kami rumuskan dan komunikasikan dengan PSSI. Nantinya konsep yang akan kami presentasikan ke PSSI seperti itu," ujarnya menambahkan.

Sementara Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita menyebut bahwa turnamen pramusim tetap akan menyertakan klub-klub Liga 1. Tetapi tak ada kewajiban bagi para klub untuk ambil bagian.

Salah satu yang paling bergengsi adalah Piala Presiden. Piala Presiden memang punya daya tarik tersendiri oleh klub-klub pesertanya.

Bisa jadi, digelar jelang kompetisi resmi dimulai, membuat klub-klub menganggapnya sebagai ajang uji coba.

Namun, ternyata ada fakta menarik dari turnamen pramusim sepak bola Indonesia ini. Dimulai dari edisi Piala Presiden 2018, yaitu para juara dari masing-masing grup tidak ada yang berhasil menjadi juara turnamen.

Padahal, di dua edisi sebelumnya, salah satu juara dari lima grup ada yang berhasil jadi juara. Lihat saja, Persib Bandung (juara Grup A) berhasil angkat trofi di Piala Presiden 2015.

Edisi selanjutnya, Piala Presiden 2017 berhasil ditaklukkan oleh Arema FC yang sebelumnya di fase grup berhasil di puncak.

Oleh karena itu, berikut INDOSPORT akan mengulas apa yang terjadi dengan para juara grup di Piala Presiden 2018 tahun lalu. Simak!