In-depth

Vujadin Boskov, Pembuka Gerbang Totti Jadi Legenda Roma dan Italia

Rabu, 4 Mei 2022 14:57 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Tanpa adanya peran dari Vujadin Boskov, dunia mungkin tidak akan mengenal Francesco Totti sebagai legenda AS Roma dan juga Timnas Italia. Copyright: © Getty Images
Tanpa adanya peran dari Vujadin Boskov, dunia mungkin tidak akan mengenal Francesco Totti sebagai legenda AS Roma dan juga Timnas Italia.

INDOSPORT.COM – Tanpa adanya peran dari Vujadin Boskov, dunia mungkin tidak akan mengenal Francesco Totti sebagai legenda AS Roma dan juga Timnas Italia.

Bagi pencinta sepak bola Liga Italia, tentunya sudah tidak asing lagi dengan sosok penyerang fenomenal bernama Francesco Totti.

Selama berkarier sebagai pesepakbola, penyerang bertinggi badan 1,8 meter ini tercatat hanya pernah membela satu klub, yakni AS Roma.

Tercatat sejak 1992 hingga 2016, pemain berjuluk Er Pupone ini sudah tampil sebanyak 605 kali dan sudah mencetak total 250 gol.

Tidak hanya itu, sejak bermain bersama I Giallorossi, Totti juga sudah mencatatkan sejumlah prestasi, di antaranya satu gelar juara Serie A Italia (2000/01) dan dua gelar juara Coppa Italia (2006/07 dan 2007/08).

Berkat penampilannya yang gemilang bersama Roma tersebut, Totti pun sukses menjadi salah satu pemain yang dipanggil membela timnas Italia di ajang Euro.

Ia memulai debutnya bersama timnas saat Italia menghadapi Swiss di babak kualifikasi Euro 2000 pada 10 Oktober 1998.

Enam tahun kemudian setelah Euro 2000, prestasi tertinggi pun sukses ia raih di level timnas, yakni ketika meraih gelar juara Piala Dunia 2006, usai mengandaskan Prancis lewat drama adu penalti.

Melihat data-data tersebut, Totti jelas merupakan salah satu pesepakbola terbaik yang pernah dimiliki dunia. Hebatnya lagi, prestasi tersebut hanya ia raih bersama satu klub saja.

Tapi, tahukah anda bila catatan gemilang yang dimiliki Totti tersebut tidak lepas dari jasa satu orang. Tanpanya, mungkin kita tidak akan tahu nama Francesco Totti sebagai salah satu pemain terbaik AS Roma dan timnas Italia.

Orang tersebut adalah Vujadin Boskov, pelatih pertama Totti ketika resmi masuk ke dalam tim senior AS Roma. Pria berkebangsaan Yugoslavia ini pula yang merupakan orang pertama yang memberi kesempatan pada Totti untuk bermain bersama Roma.

INDOSPORT  pun coba menghadirkan kembali profil dari Vujadin Boskov yang sangat berjasa dalam karier sepakbola seorang Sang Pangeran Roma.