Bola Internasional

Jelang Laga Perdana, Shin Tae-yong Akui Vietnam Lebih Kuat dari Timnas Indonesia U-23

Kamis, 5 Mei 2022 16:22 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, secara terbuka mengakui Vietnam lebih unggul jelang laga pembuka SEA Games 2021.  Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, secara terbuka mengakui Vietnam lebih unggul jelang laga pembuka SEA Games 2021. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, secara terbuka mengakui Vietnam lebih unggul. Hal itu dikatakan saat sesi preskon sebelum laga Timnas Indonesia U-23 vs Vietnam di SEA Games 2021, Kamis (05/05/22). 

Semenjak jadi pelatih skuad Garuda, Shin Tae-yong telah dua kali melawan Vietnam. Semuanya di level tim senior. 

Pertama Indonesia kalah 0-4 di Kualifikasi Piala Dunia dan imbang 0-0 di babak grup Piala AFF 2020.

Dari dua laga itu, Shin Tae-yong menilai kekuatan Vietnam masih lebih baik dibanding Indonesia. Tapi, dia menyatakan Indonesia juga mengejar dengan cepat. 

Banyaknya pemain muda yang berani bermain di liga luar seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Elkan Baggott hingga Saddil Ramdani mulai meningkatkan kualitas skuad Merah Putih. 

"Setelah saya jadi pelatih timnas Indonesia, memang dua kali lawan Vietnam dan secara kemampuan lebih baik Vietnam. Saya akui mereka di atas kami," kata Shin Tae-yong.

"Tapi, dari kami, performa semakin naik dan mulai ada pemain abroad (luar negeri) yang bagus, jadi satu atau dua tahun ke depan kami akan lebih baik saat lawan Vietnam," ujarnya.

"Dua laga kemarin (tim senior) dan pernah kalah, tapi ke depan kami akan lebih baik lagi lawan mereka (Vietnam)," tegas juru taktik 51 tahun tersebut. 

Racikan Shin Tae-yong akan kembali di uji esok hari, karena Timnas U-23 akan lawan Vietnam di laga perdana Grup A SEA Games 2021. Kedua tim adalah finalis SEA Games edisi 2019, dimana Vietnam jadi juara. 

Laga kontra Vietnam juga cukup menarik perhatian, lantaran Shin Tae-yong kembali adu taktik dengan rekan senegara, Park Hang-seo yang jadi pelatih The Golden Star.