Bola Internasional

Bawa AS Roma ke Final UECL, Jose Mourinho Ukir Rekor di Luar Nalar

Jumat, 6 Mei 2022 09:55 WIB
Penulis: Dwiana Restu Beniartha | Editor: Indra Citra Sena
© Richard Seller/GettyImages
Pelatih AS Roma, Jose Mourinho. Copyright: © Richard Seller/GettyImages
Pelatih AS Roma, Jose Mourinho.

INDOSPORT.COM - AS Roma berhasil melaju ke final UEFA Conference League 2021-2022 setelah melibas Leicester City pada Jumat (6/5/22) dini hari WIB.

Gol tunggal Tammy Abraham menjadi kunci kelolosan ke partai puncak. Selanjutnya, mereka akan berhadapan dengan Feyenoord di Air Albania Stadium pada 26 Mei mendatang.

Pesta kemenangan AS Roma dibarengi rekor luar biasa Jose Mourinho. Dia menjadi satu-satunya pelatih yang mampu mencapai final kompetisi Eropa dengan empat klub yang berbeda.

Seperti diketahui, Jose Mourinho merupakan salah satu pelatih yang terbilang sukses di kancah Eropa. Perjalanannya dimulai saat membawa FC Porto menjuarai Liga Champions pada 2004.

Kisah Jose itu seperti mimpi disiang bolong sekaligus menggemarkan dunia sepak bola Eropa, bagaimana tidak tak ada yang menyangka bahwa wakil Portugal itu akan menang mudah melawan AS Monaco di final.

Setelah cukup lama, ia kembali memenangi Si Kuping Besar bersama Inter Milan pada 2010. Bahkan, Mourinho mempersembahkan treble winner saat itu. 

The Special One kembali menembus final kompetisi Eropa, kali ini ia mengantarkan Manchester United merengkuh gelar Liga Europa pada 2017.

Sayang, gelar tersebut tak membuat kariernya berumur panjang di Old Trafford. Ia harus dipecat manajemen Setan Merah setelah gagal memenuhi ekspektasi klub.

Sebelum menangani AS Roma, Jose Mourinho sempat menangani Tottenham Hotspurs sayang ia kembali merasakan pemecatan setelah beberapa kali mencatatkan penampilan kurang memuaskan.

Kini, Mourinho seperti hidup kembali bersama AS Roma dan sukses mengantarkan klub ibu kota Italia menjejak final Liga Konferensi Eropa untuk pertama kalinya.