Bola Internasional

Dihargai Rp2,2 Miliar, Media Vietnam Takjub dengan Penyerang Keturunan Afrika Timnas Indonesia U-23

Jumat, 6 Mei 2022 14:07 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© PSSI
Keberadaan penyerang keturunan Afrika, Ronaldo Joybera Junior Kwateh, di skuat Timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2022 menarik perhatian media di Vietnam. Copyright: © PSSI
Keberadaan penyerang keturunan Afrika, Ronaldo Joybera Junior Kwateh, di skuat Timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2022 menarik perhatian media di Vietnam.

INDOSPORT.COM – Keberadaan penyerang keturunan Afrika, Ronaldo Joybera Junior Kwateh, di skuat Timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2022 menarik perhatian media di Vietnam.

Timnas Indonesia U-23 diketahui berada di Grup A SEA Games 2021 bersama tuan rumah Vietnam, Filipina, Myanmar dan Timor Leste.

Sebagai laga pembuka, Timnas Indonesia U-23 dan Vietnam akan saling berhadapan dalam pertandingan yang akan berlangsung Jumat (06/05/22) di Stadion Viet Tri.

Vietnam asuhan Park Hang-seo diunggulkan menjadi juara karena statusnya tak hanya sebagai tuan rumah namun juga juara bertahan. Akan tetapi, kehadiran Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae-yong bakal jadi ancaman serius.

Terlebih, Shin Tae-yong yang berasal dari Korea Selatan itu membawa 20 pemain yang kebanyakan masih muda-muda dan berkualitas. Salah satunya Ronaldo Joybera Junior Kwateh.

Vietnamplus.vn secara khusus menulis bahwa Ronaldo Kwateh adalah pemain remaja yang sedang naik daun di kancah kompetisi di Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, media tersebut juga membeberkan label harga Ronaldo Kwateh di Transfermarkt, yakni berkisar 150 ribu euro atau setara dengan Rp2,2 miliar.

“Di antaranya adalah bintang yang sedang naik daun Ronaldo Joybera Junior Kwateh. Striker remaja ini bermain untuk Madura United FC di Liga 1 Indonesia dan dihargai 150.000 euro oleh Transfermarkt,” demikian tulis Vietnamplus.vn.

Putra mantan pesepak bola naturalisasai Roberto Kwateh tersebut tercatat sebagai pemain termuda yang debut di kompetisi nasional Indonesia untuk Madura United di usia 16 tahun, 10 bulan, 15 hari.

Meskipun belum terlalu produktif mencetak gol, namun potensinya di lini serang berhasil menarik perhatian Shin Tae-yong. Alhasil, Ronaldo pun dipanggil bermain untuk Timnas Indonesia di usianya yang baru 17 tahun, 3 bulan, dan 8 hari.