Bola Internasional

Timnas Indonesia Dijegal Vietnam, Eks Rekan Luis Milla: Kita Perlu Asnawi dan Arhan

Minggu, 8 Mei 2022 14:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan saat merayakan gol ke gawang Timor Leste di laga ujicoba dalam pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (27/01/22). Foto : Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan saat merayakan gol ke gawang Timor Leste di laga ujicoba dalam pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (27/01/22). Foto : Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia tumbang di tangan Vietnam dalam laga perdana Grup A SEA Games 2022 cabang olahraga sepak bola, Jumat (06/05/22).

Timnas Indonesia sempat bermain imbang 0-0 di babak pertama, tapi Vietnam on fire di babak kedua, hingga menang telak 3-0.

Menurut mantan asisten Luis Milla kala melatih Timnas Indonesia, Bayu Eka Sari, salah satu kekurangan Timnas Indonesia adalah minimnya koordinasi antar lini. 

"Di sini gue melihat kekurangan terbesar Indonesia dari segi experience, permainan Vietnam sangat matang, jarak antarlini-nya sangat kecil ketika bertahan," ungkapnya.

"Timnas Indonesia lumayan bisa masuk ke pertahanannya Vietnam, tetapi nggak bisa membuat peluang yang utuh," tambah pria yang lebih akrab disapa Bangbes tersebut.

Maka dari itu, jika ingin menggunakan skema counter attack atau meneruskan peluang menjadi gol, maka Timnas Indonesia perlu pemain berpengalaman.

Adapun pemain yang dimaksud ialah dua fullback Timnas Indonesia yang kini berkarir di luar negeri, yaitu Asnawi Mangkualam (Korea) dan juga Pratama Arhan (Jepang).

"Lihat Vietnam, ketika bertahan langsung 5-3-2, ketika menyerang fullback langsung naik. Di sini perlu pemain-pemain yang di luar negeri, seperti Asnawi dan Arhan."

"Kalau Vietnam ditekan juga dengan full back kita yang overlap, gue rasa mereka juga nggak akan bisa mengembangkan permainannya," komentar dari Bangbes.

Asnawi Mangkualam sendiri menyusul bergabung ke Timnas Indonesia di laga kedua SEA Games 2022. Tapi Pratama Arhan dipastikan tidak bisa bergabung.