In-depth

Deretan Pemain Asing yang Setia di Liga 1 dan Berpotensi Jadi WNI, Opsi Buat Timnas?

Senin, 9 Mei 2022 15:19 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Deretan pemain asing yang cukup lama mentas di Liga 1 Indonesia serta berpotensi mendapatkan status Warga Negara Indonesia (WNI). Ada yang layak perkuat Timnas? Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Deretan pemain asing yang cukup lama mentas di Liga 1 Indonesia serta berpotensi mendapatkan status Warga Negara Indonesia (WNI). Ada yang layak perkuat Timnas?

INDOSPORT.COM – Melihat para pemain asing yang cukup lama mentas di Liga 1 serta berpotensi mendapatkan status Warga Negara Indonesia (WNI). Ada yang layak perkuat Timnas Indonesia?

Sejak kompetisi sepak bola Indonesia kembali bergulir dengan tajuk Liga 1 pada tahun 2017 silam, banyak bintang asing yang silih berganti berdatangan memperkuat tim-tim Tanah Air.

Salah satu kejutannya, tentu saat Persib Bandung berhasil mendatangkan mantan pemain Chelsea, Real Madrid serta AC Milan, Michael Essien pada musim 2017.

Tak cuma Essien, manajemen Persib Bandung juga sukses memboyong satu pemain kelas Eropa lain yakni Carlton Cole yang sempat memperkuat Chelsea dan West Ham United.

Selain Persib, dua tim lain yakni Borneo FC serta Semen Padang juga membuat transfer kejutan dengan merekrut jebolan Piala Dunia.

Borneo FC datangkan bintang Timnas Selandia Baru, Shane Smeltz. Sementara Semen Padang menggaet mantan pemain Tottenham Hotspur dan Timnas Pantai Gading, Didier Zokora.

Telah berjalan selama hampir lima musim, ternyata fanatisme suporter Indonesia serta ketatnya persaingan Liga 1 membuat banyak pemain asing betah dan bertahan lama di Indonesia.

Bahkan jika terus bertahan di Liga 1 hingga musim depan, beberapa pemain asing berikut berpotensi mendapatkan status WNI lewat jalur naturaliasi.

Sebagai informasi, salah satu syarat untuk bisa mengajukan kewarganegaraan Indonesia bagi pemain asing adalah bertempat tinggal di wilayah negara Republik Indonesia paling singkat lima tahun berturut-turut.

Berkaca dari data laman transfermarkt, setidaknya ada tiga pemain yang bisa memenuhi kriteria tersebut dan berpotensi mendapat status WNI.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas: