Liga Italia

Geger Geden! Tifosi Sampdoria Turun ke Jalan 'Menertawakan' Nasib Genoa yang Degradasi

Kamis, 19 Mei 2022 15:44 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Juni Adi
© Nicolò Campo/LightRocket via Getty Images
Bendera Sampdoria Copyright: © Nicolò Campo/LightRocket via Getty Images
Bendera Sampdoria

INDOSPORT.COM- Ribuan tifosi Sampdoria ramai-ramai turun ke jalanan kota pelabuhan yang ada di utara Italia. Para suporter turun untuk 'menertawakan' rival sekota, Genoa.

Sampdoria dan Genoa mamang memiliki akar rivalitas panas di sepak bola Italia. Pertemuan antara kedua klub ini dijuluki derbi Della Lanterena yang diambil dari nama ikon kota Genoa, Torre della Lanterna.

Torre della Lanterna merupakan mercusuar tua yang ada di tepi pelabuhan di pinggir laut Mediterania. Mercusuar ini ada sejak abad ke-12 itu juga merupakan pintu masuk sepak bola Italia.

Pelabuhan itu pula yang akan menjadi cikal bakal klub Genoa terbentuk. Dahulu kala, Genoa hanya berisikan ekspatriat dan imigran asal Inggris sekitar tahun 1893-an.

Selain itu, Genoa merupakan klub dengan sejarah panjang di sepak bola Italia. Bahkan pada kurun waktu 1897-1898 I Rossoblu berhasil keluar sebagai juara Italian Football Championships, embrio Serie A.

Tak berhenti di situ, pada medio 1900-an Genoa berhasil mendominasi Italia dan mendominasi Liga Italia selama tiga dekade awal di bawah arahan manajer asal Inggris, James Richardson dan William Garbutt.

Di awal abad ke-20 itu, Genoa mampu memenangi sembilan gelar scudetto dan satu Coppa Italla. Dominasi Genoa inilah yang ditenggarai sebagai awal kebencian yang diawali dari perseteruan politik Italia saat itu.

Genoa merupakan representasi Inggris ketika itu sangat dibenci oleh salah diktaktor Partai Fasis Italia, Benito Mussolini. Alasanya sedikit klise, Genoa tentu dianggap tak nasionalis di mata Mussolini.

Singkat cerita setelah era Mussolini berakhir, kebencian peningalan Adrea Doria dan Sampierdarense tetap bertahan dan memutuskan untuk membuat Unione Calcio Sampdoria pada 12 Agustus 1946.

Dari situlah percikan panas antar keduanya terus tumbuh hingga saat ini, pemandangan kota Genoa tentu hal bisa mengingat derbi ini merupakan salah yang terpanas tak kalah dengan derbi AC Milan vs Inter Milan.