Liga Europa

Juara Liga Europa, Eintracht Frankfurt Terbukti Berjodoh dengan Pemain Asia

Kamis, 19 Mei 2022 10:52 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Kai Pfaffenbach
Selebrasi para pemain Eintracht Frankfurt usai lolos ke final Liga Europa (06/05/22). (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach) Copyright: © REUTERS/Kai Pfaffenbach
Selebrasi para pemain Eintracht Frankfurt usai lolos ke final Liga Europa (06/05/22). (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

INDOSPORT.COM – Eintracht Frankfurt baru saja merengkuh gelar juara Liga Europa. Hasil ini juga menjadi bukti bahwa klub Bundesliga Jerman tersebut berjodoh dengan pemain Asia.

Eintracht Frankfurt memastikan juara Liga Europa 2021-2022 setelah memenangkan adu penalti 5-4 melawan Rangers FC di partai final yang berlangsung Kamis (18/05/22) malam WIB.

Dalam laga tersebut, skor 1-1 bertahan sampai extra time usai. Sayangnya, skor 1-1 pun bertahan hingga 2x15 menit berakhir dan laga dilanjutkan ke adu penalti.

Di babak tos-tosan, 3 penendang pertama kedua kesebelasan sukses menjalankan tugasnya.

Namun, Rangers gagal unggul ketika penendang keempat mereka, Aaron Ramsey gagal menuntaskan tugas setelah sepakannya bisa digagalkan Kevin Trapp.

Filip Kostic kemudian membawa Frankfurt unggul, sebelum penendang kelima Rangers, Kemar Roofe menyamakan skor.

Eintracht Frankfurt kemudian memastikan diri membawa pulang trofi Liga Europa, setelah penendang kelima dan terakhir, Rafael Borre, sukses menjebol gawang McGregor.

Dengan hasil ini, Eintracht Frankfurt jadi juara Liga Europa untuk pertama kalinya dalam 42 tahun, sejak kemenangan mereka atas Borussia Moenchengladbach di final 1980 silam.

Frankfurt sendiri memulai kompetisi Liga Europa dari fase grup dan berhasil mempertahankan status tak terkalahkan hingga menjadi juara. Mereka mengikuti jejak Villarreal (2020/2021) dan Chelsea (2018/2019) yang lebih dulu berhasil menorehkan catatan tersebut.

Dengan kemenangan ini, Eintracht Frankfurt berhak tampil di Liga Champions musim depan tanpa kualifikasi. Selain itu, mereka bakal tampil di Piala Super Eropa. Kini mereka tinggal menanti pemenang Liverpool vs Real Madrid di final Liga Champions.

Menariknya, dalam dua kali final Liga Europa yang dimainkan Eintracht Frankfurt, terdapat dua pemain Asia yang juga ikut andil membawa tim meraih gelar juara di kasta kedua kompetisi Eropa ini.