Bola Internasional

5 Fakta Unik Meiji Yasuda J1 League 2022, dari Stadion hingga Pemain Asing

Jumat, 20 Mei 2022 13:38 WIB
Editor: Herry Ibrahim
© Dok. J-League
Gelaran Meiji Yasuda J1 League 2022 Musim ini kembali diikuti oleh 18 tim. Copyright: © Dok. J-League
Gelaran Meiji Yasuda J1 League 2022 Musim ini kembali diikuti oleh 18 tim.

INDOSPORT.COM - Gelaran Meiji Yasuda J1 League 2022 sudah digelar sejak 18 Februari lalu dan masih akan berlangsung sampai 5 November 2022 mendatang.

Musim ini, J1 League kembali diikuti oleh 18 tim, dengan Kawasaki Frontale bertindak sebagai juara bertahan, juara empat kali dalam lima musim terakhir Liga Jepang.

Khusus musim ini, ada beberapa fakta unik yang tersaji dari tim-tim yang bertarung di J1 League. Musim ini, 18 tim J1 League tersebar dari seluruh penjuru Jepang.

Hokkaido Consadole Sapporo jadi tim yang berasal dari paling Utara, tepatnya dari Kota Sapporo di Pulau Hokkaido. Sedangkan Sagan Tosu jadi tim paling Selatan, berasal dari Kota Tosu di Pulau Kyushu.

Laga Hokkaido Consadole Sapporo melawan Sagan Tosu juga jadi laga terjauh antara dua tim musim ini di J1 League, dengan kedua kota berjarak lebih dari 1.400km.

Sedangkan laga terdekat mempertemukan Yokohama F. Marinos dan Kawasaki Frontale yang sama-sama berasal dari Prefektur Kanagawa. Kandang kedua tim berjarak tak lebih dari 15km saja.

Musim ini, ada tiga tim yang berasal dari Kanagawa. Selain Yokohama F. Marinos dan Kawasaki Frontale, ada pula Shonan Bellmare.

Selain itu, ada Prefektur Shizuoka yang memiliki dua tim: Shimizu S-Pulse dan Jubilo Iwata.

Jumlah ini sama dengan Prefektur Osaka yang juga memiliki dua tim: Gamba Osaka serta Cerezo Osaka. Sisanya, 11 tim lain berasal dari 11 prefektur yang berbeda.

Dari empat pulau terbesar Jepang, Pulau Honshu jadi yang terpadat dengan memiliki 15 tim J1 League musim ini.