In-depth

RedBird Jadi Beli AC Milan? Ini yang Akan Terjadi pada Liverpool dan Pemiliknya

Sabtu, 21 Mei 2022 11:49 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Alberto Lingria
RedBird dikabarkan makin dekat miliki klub Liga Italia, AC Milan. Foto: REUTERS/Alberto Lingria. Copyright: © REUTERS/Alberto Lingria
RedBird dikabarkan makin dekat miliki klub Liga Italia, AC Milan. Foto: REUTERS/Alberto Lingria.

INDOSPORT.COM - ‘Perang’ antara Investcorp dan RedBird Capital dalam perburuan klub Liga Italia, AC Milan, masih belum menemui titik akhir.

Sebelumnya, Investcorp tampil sebagai calon pembeli pertama yang mencuat ke permukaan dalam beberapa waktu terakhir.

Saat itu, santer beredar kabar bahwa investor asal Bahrain berminat mengambil alih AC Milan dari Elliott Management.

Tidak main-main, nilai akuisisi yang ramai diberitakan konon mencapai angka fantastis 1,1 miliar euro atau sekitar Rp15,5 triliun.

Diwartakan Sempre Milan, Investcorp adalah perusahaan dana investasi global yang fokus pada lini bisnis berupa ekuitas swasta, real estate, infrastruktur, manajemen kredit, dan modal strategis.

Meski Investcorp sudah sangat ramai dibicarakan dan memiliki prioritas dalam negosiasi, belum ada kesepakatan apa pun yang berhasil dijalin oleh kedua belah pihak.

Sampai kemudian, muncul ‘pendatang’ baru dalam perburuan ini yakni RedBird Capital, yang membeli 10 persen saham Fenway Sports Group (FSG), pemilik Liverpool, senilai 570 juta dolar AS tahun lalu.

RedBird Capital sendiri merupakan perusahaan asal Amerika Serikat yang juga pemilik klub Ligue 2 Prancis, Toulouse FC.

Selain itu, RedBird Capital juga disebut-sebut memiliki saham di klub basket dan baseball. Ya, calon investor yang satu ini bukanlah nama baru di dunia olahraga.

Persaingan Investcorp dan RedBird pun masih jadi buah bibir di kalangan penikmat sepak bola Italia. Namun mau tidak mau, hanya ada satu nama yang akan tampil sebagai pemenang dalam perburuan ini.