Liga Spanyol

Klasemen Akhir Liga Spanyol: Barcelona Tutup Musim dengan Pahit, Papan Bawah Penuh Drama

Senin, 23 Mei 2022 09:14 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Albert Gea
Klasemen akhir Liga Spanyol 2021/2022 usai pekan ke-38 yang menjadi pekan pamungkas dimainkan pada Minggu (22/05/22) di mana Barcelona pastikan menjadi runner-up. (REUTERS/Albert Gea) Copyright: © REUTERS/Albert Gea
Klasemen akhir Liga Spanyol 2021/2022 usai pekan ke-38 yang menjadi pekan pamungkas dimainkan pada Minggu (22/05/22) di mana Barcelona pastikan menjadi runner-up. (REUTERS/Albert Gea)

INDOSPORT.COM - Berikut ini adalah update mengenai klasemen akhir Liga Spanyol 2021/2022 usai pekan ke-38 yang menjadi pekan pemungkas dimainkan pada Minggu (22/05/22) lalu di mana Barcelona menutup musim dengan kekalahan.

Empat besar Liga Spanyol sudah ditentukan sebelum jornada terakhir dimainkan sehingga tidak ada drama yang terjadi.

Real Madrid sudah cukup lama diberi mahkota juara dan kini mengakhiri kampanye dengan koleksi 86 poin dari 26 kali menang dan delapan kali imbang.

Kemudian disusul Barcelona sebagai runner-up dengan selisih 13 poin. Gap tersebut bisa lebih sempit lagi andai Los Cules tidak dijungkalkan Villarreal 0-2 pada pekan pemungkas.

Di bawah dua raksasa tersebut barulah ada sedikit persaingan antara Atletico Madrid dan Sevilla namun keduanya juga sudah memastikan finis empat besar sebelum ini.

Slot untuk Liga Europa dan Liga Konferensi Europa di peringkat lima, enam, dan tujuh juga sudah ditemukan tuannya setidaknya sejak dua minggu lalu.

Berturut-turut Real Betis, Real Sociedad, dan Villarreal memastikan diri akan punya agenda tambahan musim depan layaknya klub di empat tangga teratas.

Pergerakan di papan bawah termasuk persaingan menjauhi zona relegasi lebih layak disimak karena persaingannya yang sengit.

Tercatat ada tiga kesebelasan yang hanya berjarak satu poin saja dengan peringkat 18 yang artinya turun kasta ke Divisi Segunda.

Tiga tim tersebut adalah Getafe, Mallorca, dan Cadiz yang sama-sama mengakhiri Liga Spanyol 2021/22 dengan 39 poin yang sudah cukup untuk membuat Granada, yang berimbang 0-0 dengan Espanyol pekan ini, terdegradasi.