Liga Italia

Daftar 20 Klub Serie A Liga Italia Musim 2022-2023: Ada AC Milan KW hingga Tim Milik Orang Indonesia

Senin, 30 Mei 2022 17:41 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Andrea Staccioli/LightRocket via Getty Images
Daftar 20 Klub Serie A Liga Italia Musim 2022-2023: Ada AC Milan KW hingga Tim Milik Orang Indonesia. Copyright: © Andrea Staccioli/LightRocket via Getty Images
Daftar 20 Klub Serie A Liga Italia Musim 2022-2023: Ada AC Milan KW hingga Tim Milik Orang Indonesia.

INDOSPORT.COM - Berikut daftar 20 klub peserta kompetisi Serie A Liga Italia untuk musim 2022-2023 mendatang, di mana ada AC Milan KW hingga tim milik orang Indonesia.

Seperti diketahui, kompetisi Serie A Liga Italia musim 2021-2022 baru saja selesai. AC Milan sukses keluar sebagai juara setelah menang telak 3-0 atas Sassuolo di laga terakhir.

Kemenangan itu membuat AC Milan besutan Stefano Pioli finis di posisi puncak Liga Italia dengan torehan 86 poin dari 38 laga. Mereka mampu unggul dua poin dari juara bertahan musim lalu, Inter Milan.

Selain itu, ada tiga tim yang resmi mengalami degradasi ke Serie B yakni Cagliari, Genoa dan Venezia. Ketiga tim ini finis di peringkat tiga paling bawah.

Kemudian ada tiga klub dari Serie B yang sukses promosi ke Serie A musim depan yakni Lecce, Cremonese, dan AC Monza. Lecce sukses lolos otomatis karena mampu meraih gelar juara di kompetisi kasta kedua.

Sedangkan Cremonese juga lolos otomatis setelah mampu finis di urutan kedua Serie B. Berbeda dengan AC Monza yang harus melewati jalur play-off terlebih dahulu.

Beruntung, tim yang dijuluki AC Milan KW ini sukses meraih kemenangan dramatis atas Pisa. Di leg pertama, AC Monza menang atas Pisa dengan skor 2-1.

Kemudian di pertandingan leg kedua pada (30/05/22) lalu, mereka kembali meraih hasil positif dengan mendulang kemenangan dengan skor 4-3.

Keberhasilan AC Monza lolos ke Serie A Liga Italia membuat klub tersebut mampu mencetak rekor bersejarah. Ini menjadi pertama kalinya bagi mereka mampu promosi ke kompetisi kasta tertinggi Italia.

Kesuksesan mereka tidak lepas dari peran dua sosok pegiat sepak bola Italia, Silvio Berlusconi dan Adriano Galliani. Berlusconi saat ini menjadi pemilik AC Monza, sementara Galliani mendapatkan posisi di jajaran direksi klub.

Keberadaan dua tokoh itulah yang membuat AC Monza dijuluki AC Milan KW karena Berlusconi dan Galliani pernah menjadi orang penting di Rossoneri.