Liga Indonesia

Jadikan UPI Tempat TC Timnas Indonesia, Menpora Ingin Cetak Pemain Seperti Cristiano Ronaldo

Selasa, 31 Mei 2022 14:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
© Arif Rahman/Indosport.com
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali saat Kongres Biasa PSSI 2022 di The Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Senin (30/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali saat Kongres Biasa PSSI 2022 di The Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Senin (30/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberikan rekomendasi kepada PSSI untuk lokasi pemusatan latihan (training center) Timnas Indonesia. Menurut Menpora, dengan adanya tempat TC, maka PSSi bisa mencetak pemain seperti Cristiano Ronaldo. 

Permasalahan lokasi training center memang menjadi pekerjaan besar PSSI. Selama ini PSSI masih nomaden ketika menggelar pemusatan latihan Timnas Indonesia.

Hal ini pun diketahui oleh Menpora, Zainudin Amali. Dengan adanya permasalahan ini tentu akan menghambat proses pembentukan Timnas Indonesia.

Kini bila nantinya Timnas Indonesia bisa menggelar training center di UPI, Menpora Zainudin Amali pun memiliki cita-cita. Nantinya Timnas Indonesia bisa dengan mudah berlatih dan bisa menjadikan pemain Timnas Indonesia seperti megabintang dunia, Cristiano Ronaldo.

"Contoh bagaimana Cristiano Ronaldo di saat temannya tidur dia keluar ke lapangan nendang-nendang sendiri makanya dia jadi begitu," buka Zainudin Amali.

"Maka kita harapkan begitu, bukan hanya berlatih pada saat diawasi pelatih tetapi saat tidak diawasi mereka berkesempatan latihan di training camp," tegas Menpora.

"Kalau kita numpang-numpang kan tidak mungkin, ada jamnya, bergantian pakainya kalau ini tidak full pssi pakai 24 jam kalau perlu," beber Amali.

Menpora pun menegaskan terkait penggunaan fasilitas olahraga di UPI, bisa digunakan sampai kapan pun PSSI mau.

"Semua fasilitas di situ sudah di-oke kan oleh rektor, dipersilakan di situ ada hotel. Nah kita siapkan semuanya sampai berapa lama? Sampai PSSI tidak mau lagi, sudah dapat yang bagus yang baru. Jadi selama PSSI ingin di situ saya menjamin itu bisa dipakai," kata Zainudin Amali.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan PSSI langsung bergerak cepat. Begitu mendapat tawaran dari Menpora, PSSI langsung melakukan peninjauan ke lokasi.

"Begitu ramai training center langsung jemput bola dan mengecek ke UPI bersama Waketum. Ternyata memang fasilitas cukup lengkap mungkin ada perbaikan dikit."

"Nanti siapa saja yang di sana kits lihat kebutuhan timnas akan komunikasi dengan pelatih. Kalau sudah ada TC di situ tiap hari tiap jam bisa berlatih, bertanding. Jadi kita tunggu siapa saja yang akan di sana yang jelas setiap timnas bisa latihan di situ tinggal tunggu selesai perbaikan," katanya.