In-depth

3 Hal Menarik yang Buat Laga Finalissima Italia vs Argentina Terasa Spesial

Rabu, 1 Juni 2022 15:01 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Photo by Claudio Villa/Getty Images
Laga Finalissima 2022 antara Timnas Italia vs Argentina dijadwalkan bergulir pada hari Kamis (2/6/22) dini hari WIB. Foto: Photo by Claudio Villa/Getty Images. Copyright: © Photo by Claudio Villa/Getty Images
Laga Finalissima 2022 antara Timnas Italia vs Argentina dijadwalkan bergulir pada hari Kamis (2/6/22) dini hari WIB. Foto: Photo by Claudio Villa/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Laga Finalissima 2022 antara Timnas Italia vs Argentina dijadwalkan bergulir pada hari Kamis (2/6/22) dini hari WIB.

Finalissima merupakan ajang yang mempertemukan juara Euro dengan kampiun Copa America, yang merupakan agenda CONMEBOL–UEFA Cup of Champions.

Sebagai informasi, partai Italia vs Argentina nanti malam merupakan edisi ketiga yang digelar setelah 29 tahun lamanya.

Sebelum ini, Finalissima atau yang awalnya dikenal dengan nama Piala Artemio Franchi, terakhir kali digelar pada tahun 1993 dan menelurkan Argentina sebagai juaranya.

Setelah itu, ajang ini ditiadakan dan FIFA selaku badan tertinggi sepak bola kemudian membentuk Piala Konfederasi sebagai gantinya.

Kini pada tahun 2022, Italia dan Argentina adalah dua timnas terbaik di Eropa dan Amerika Selatan, yang siap bertarung demi menjadi yang terbaik.

Pertemuan Dua Tim Terbaik Eropa dan Amerika Selatan

Timnas Italia, tampil sebagai juara Euro 2020 setelah tampil hebat di turnamen sepak bola negara-negara Eropa empat tahunan tersebut.

Mereka menumpas perlawanan Inggris di final yang diselenggarakan di Wembley lewat drama adu penalti yang menegangkan.

Tim eksekutor yang berisi lima pemain andalan Roberto Mancini pun mengungguli anak-anak asuh Gareth Southgate 3-2 di tendangan titik putih.

Ini adalah gelar Euro kedua Timnas Italia sepanjang sejarah, setelah terakhir kali memenangkannya pada tahun 1968.