Liga Indonesia

Barito Putera Gunakan 4 Pelatih Asing, Yakin Tembus Papan Atas Liga 1 2022

Sabtu, 4 Juni 2022 07:50 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© MO Barito Putera
Luis Fernando Vitorino, pelatih kiper Barito Putera. Foto: MO Barito Putera Copyright: © MO Barito Putera
Luis Fernando Vitorino, pelatih kiper Barito Putera. Foto: MO Barito Putera

INDOSPORT.COM - Jika umumnya sebuah klub menggunakan empat pemain asing, beda halnya dengan Barito Putera yang justru mendatangkan empat pelatih asing.

Mengingat prestasi minor Barito Putera dan hampir degradasi di musim lalu, membuat manajemen berbenah jelang Liga 1 2022/23.

Dua pemain asing dipertahankan agar tetap ada chemistry, yakni Rafael Silva dan Renan Alves. Kemudian, dua penggawa asing juga merapat, yaitu Rafinha dan Ryota Noma.

Sementara pemain lokal, setelah melepas M. Riyandi, Beni Okto, Miftah Anwar Sani, Guy Junior, Raphael Maitimo, manajemen pun mendatangkan delapan pemain lokal.

Di antaranya adalah Joko Ribowo, Slamet Budianto, Frank Sokoy, Donny Monim, dll.

Namun, bukan transfer pemain yang jadi perhatian, melainkan transfer pelatih di kubu Barito. Pelatih kepala hingga asisten dan staf, kini sepenuhnya dihuni oleh asing.

Pelatih kepala dipimpin oleh Dejan Antonic asal Serbia. Kemudian, asisten pelatih juga datang dari Serbia, yakni Mladen Dodic.

Sementara pelatih kiper, Barito merekrut Luis Fernando Vitorino, sosok pelatih sarat berpengalaman asal Brasil. Pelatih fisik juga datang dari Brasil, tak lain ialah Vitor Tinoco.

Tiga nama di awal adalah pelatih anyar yang dibawa Dejan Antonic, sementara Vitor Tinoco sudah lama berseragam Barito, sejak Liga 1 2017, saat bersama Jacksen F. Tiago.

Dengan kolaborasi pelatih asing ini, Barito Putera yakin bisa memperbaiki hasil minor musim lalu, dan berprestasi di Liga 1 2022/23.