Bola Internasional

Bawa Timnas Indonesia Menang atas Kuwait, Begini Pernyataan Shin Tae-yong

Kamis, 9 Juni 2022 09:40 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Shin Tae-yong buka suara soal hasil Timnas Indonesia melawan Kuwait di kualifikasi Piala Asia 2023. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Shin Tae-yong buka suara soal hasil Timnas Indonesia melawan Kuwait di kualifikasi Piala Asia 2023. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia meraih kemenangan atas Kuwait dilaga perdana Grup A kualifikasi Piala Asia 2023, Rabu (08/06/22). Skuat Garuda menang tipis 2-1 atas tuan rumah.

Kedua tim bermain terbuka sejak awal babak pertama. Akan tetapi, Kuwait unggul lebih dulu lewat gol sundulan Yousef Alsulaiman pada menit ke-41.

Tak butuh waktu lama, Indonesia lantas menyamakan kedudukan lewat gol penalti Marc Klok menit ke-44. Penalti ini didapatkan setelah Rachmat Irianto dilanggar kiper Kuwait di kotak terlarang.

Masuk babak kedua, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, melakukan perubahan dengan memasukan Witan Sulaeman dan M. Rafli untuk mengganti Stefano Lilipaly dan Irfan Jaya.

Strategi Shin Tae-yong pun cukup berhasil, di mana Indonesia mencetak gol cepat di awal babak kedua. Lewat serangan balik cepat, Rachmat Irianto berhasil bobol gawang Kuwait pada menit ke-46 setelah manfaatkan bola rebound.

Setelah gol Irianto, baik Kuwait maupun Indonesia saling jual beli serangan. Tapi, skor 2-1 pun bertahan hingga peluit panjang.

Meski menang, Shin Tae-yong mengatakan hal tersebut tidak diraih dengan mudah. Cuaca di lapangan sangat panas dan hal tersebut mempengaruhi penampilan pemain dari kedua tim.

"Cuaca hari ini sangat panas, lebih dari apa yang kami perkirakan sebelumnya. Di dalam sangat panas karena stadion runagannya kecil dan tak ada udara bebas jadi ini sulit bagi kedua tim untuk bermain," kata Shin Tae-yong usai laga.

Memang cuaca di Kuwait sangat panas. Bahkan, berdasarkan kabar terakhir, suhu Kuwait City akhir-akhir ini mencapai 42 derajat celsius.

Hal tersebut sudah diantisipasi Shin Tae-yong sejak tim tiba di Kuwait. Dia berusaha keras mencari cara agar skuat Garuda bisa beradaptasi dengan cepat.

Lebih lanjut, pelatih Korea Selatan itu mengucapkan terima kasih ke skuat Kuwait yang tampil agresif hingga menit akhir. Hal itu merupakan kehormatan bagi Indonesia.

"Iya kami menang lawan Kuwait hari ini, tapi saya berterima kasih kepada para pemain Kuwait yang memberi 100 persen sampai menit terakhir,” ujar Shin Tae-yong.