In-depth

4 Bocah Ajaib yang Bisa Diorbitkan Erik ten Hag Jadi Pemain Bintang di Man United Musim Depan

Sabtu, 11 Juni 2022 22:26 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Murad Sezer/File Photo
Erik ten Hag, Pelatih Ajax Amsterdam (REUTERS/Murad Sezer/File Photo) Copyright: © REUTERS/Murad Sezer/File Photo
Erik ten Hag, Pelatih Ajax Amsterdam (REUTERS/Murad Sezer/File Photo)

INDOSPORT.COM - Erik ten Hag yang dikenal gemar mengorbitkan pemain muda, musim depan mempunyai beberapa yang bisa diorbitkan di Manchester United.

Perburuan Manchester United untuk mencari sosok pelatih baru akhirnya usai sudah. Pilihan manajemen jatuh kepada Erik ten Hag.

Nama Erik ten Hag sendiri di sepak bola Eropa memang sedang naik daun, usai membawa Ajax Amsterdam bangkit di Liga Belanda maupun kancah Eropa.

Dalam beberapa musim terakhir, Ajax dibawanya menjadi kuda hitam di ajang Liga Champions, salah satunya mampu menembus babak semifinal.

Manchester United dan Erik ten Hag menyepakati kerja sama hingga Juni 2025 dengan opsi perpanjangan satu tahun berikutnya.

"Selama empat tahun terakhir di Ajax, Erik telah membuktikan dirinya sebagai salah satu pelatih paling menarik dan sukses di Eropa," kata Direktur Sepak Bola Man United, John Murtough.

"Ia terkenal dengan sepak bola menyerang yang atraktif dan komitmen timnya terhadap para pemain muda," sambungnya.

"Kami sangat terkesan dengan visi jangka panjangnya untuk mengembalikan Man United ke level yang kami inginkan dan motivasinya untuk mencapai hal tersebut," katanya lagi.

Setelah menyelesaikan musim ini bersama Ajax Amsterdam, Erik ten Hag kemudian baru bisa datang ke Manchester United, sembari melihat performa tim melawan Crystal Palace di laga terakhir Liga Inggris, Minggu (22/05/22) kemarin.

Selang sehari kemudian, ia resmi diperkenalkan secara langsung di Manchester United, beserta dua asisten pelatihnya. Yakni Mitchell van der Gaag dan Steve McLaren. 

Van der Gaag adalah asisten Ten Hag di Ajax musim lalu. Ia dipromosikan dari tim cadangan klub ke tim utama dan membantu de Amsterdammers meraih gelar Eredivisie ketiga beruntun.

Sementara McLaren bukan nama asing di Liga Primer. Sempat menjajal ke Liga Belanda, ia pernah diasisteni Ten Hag saat mengantar FC Twente menjadi kampiun pada 2010.

McLaren terbilang bukan nama baru di Old Trafford. Ia pernah menjabat sebagai asisten Sir Alex Ferguson pada 1999, sebelum menjadi bos Boro pada 2001.

Nama Erik ten Hag sendiri memang dinilai tepat sebagai pelatih yang bisa mengembalikan kembali kejayaan Manchester United.

Sebab dirinya mempunyai nilai-nilai budaya Manchester United, salah satunya gemar memainkan dan mengorbitkan pemain muda.

Hal itu sudah dibuktikan saat masih menangani Ajax Amsterdam. Nama-nama seperti Frenkie de Jong hingga Matthijs de Ligt adalah salah satu pemain muda bintang hasil polesannya.

Di Manchester United, Erik ten Hag diharapkan bisa menerapkan prinsip tersebut karena banyak talenta muda Setan Merah yang bisa dipoles menjadi pemain bintang, siapa saja mereka?