Bursa Transfer

Bursa Transfer: Calon Gelandang Naturalisasi Timnas Indonesia Diminati Tim Penghancur PSG

Sabtu, 11 Juni 2022 05:52 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Subhan Wirawan
© Dok Pribadi/Thom Haye
Thom Haye baru beberapa bulan bermain untuk SC Heerenveen namun sudah memikat FC Nantes yang ingin mengajaknya ke Ligue 1 Prancis di bursa transfer kali ini. Copyright: © Dok Pribadi/Thom Haye
Thom Haye baru beberapa bulan bermain untuk SC Heerenveen namun sudah memikat FC Nantes yang ingin mengajaknya ke Ligue 1 Prancis di bursa transfer kali ini.

INDOSPORT.COM - Pada musim 2022/2023 mendatang ada kemungkinan seorang pemain dengan darah keturunan Indonesia bakal menembus lima liga top Eropa.

Adalah Thom Haye, pemain yang memiliki kans tersebut usai namanya dihubungkan dengan FC Nantes dari Ligue 1 Prancis pada bursa transfer kali ini.

Bermain di lima liga teratas benua biru sebenarnya bukan sesuatu yang baru bagi Haye. Pada musim 2018/2019 lalu ia jadi bagian dari skuat Lecce yang meraih promosi dari Serie B ke Serie A.

Sayangnya sebelum sempat mencicipi panasnya kompetisi kasta teratas Liga Italia, ia sudah keburu dilego ke ADO Den Haag.

Karier Haye di ADO justru mengalami penurunan setelah hanya bisa sembilan kali bermain untuk mereka sebelum kemudian dipinjamkan ke NAC Breda yang pada akhirnya memberi kontrak permanen.

Haye baru bisa bangkit lagi setelah pada bursa transfer musim dingin 2022 lalu memutuskan menerima pinangan SC Heerenveen.

Bersama De Superfriezen, gelandang kelahiran Amsterdam berusia 27 tahun itu cepat nyetel dan kemudian sanggup bermain 14 kali di Eredivisie Belanda dengan torehan lima assist.

Berkat itu Heerenveen bisa finis di tangga delapan klasemen akhir 2021/2022 dan berhak mengikuti play-off menuju Liga Konferensi Europa musim depan.

Tidak heran jika kemudian Nantes kepincut dan berniat mendatangkan pemilik nama asli Thom Jan Marinus Haye itu.

Terlebih untuk ukuran pemain sekalibernya, harga Haye cukup murah yakni hanya 1,3 juta Euro jika mengacu pada data dari Transfermarkt.