Bola Internasional

Sedang Berjuang Lolos Piala Asia, Shin Tae-yong Blak-blakan Diminta PSSI 'Turun Pangkat' ke Tim Junior

Sabtu, 11 Juni 2022 15:02 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Rumor itu akhirnya jadi kenyataan, Shin Tae-yong diminta untuk tidak mengampu Timnas Indonesia di level senior di tengah perjuangannya lolos ke Piala Asia. Copyright: © PSSI
Rumor itu akhirnya jadi kenyataan, Shin Tae-yong diminta untuk tidak mengampu Timnas Indonesia di level senior di tengah perjuangannya lolos ke Piala Asia.

INDOSPORT.COM - Rumor itu akhirnya jadi kenyataan. Shin Tae-yong blak-blakan diminta PSSI untuk tidak mengampu Timnas Indonesia di level senior di tengah-tengah perjuangannya lolos ke Piala Asia. 

PSSI melalui ketua umunya, Mochammad Iriawan, menyampaikan jika Shin Tae-yong bakal turun pangkat untuk menangani Timnas Indonesia di sektor junior. 

Sejatinya, isu pemangkasan jabatan Shin Tae-yong melatih tim junior sudah berembus dalam beberapa pekan terakhir. 

Dalam beberapa kesempatan, Mochammad Iriawan alias Iwan Bule blak-blakan berencana memfokuskan Shin Tae-yong untuk menangani Garuda Muda saja.

Iwan Bule merasa jika pelatih asal Korea Selatan tersebut keteteran mengampu Timnas Indonesia di berbagai umur, mulai junior hingga senior.

Selain itu, Shin Tae-yong juga dianggap hilang fokus. Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong sudah dua tahun menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia, walau belum ada trofi juara yang ia dapatkan bersama Garuda.

Padahal, Shin Tae-yong menukangi tiga sektor, yaitu Timnas U-20, Timnas U-23, dan Timnas Senior. Namun, prestasi tim hanya mentok di posisi runner-up, belum juara.

Itulah sebabnya, berdasarkan evaluasi tersebut Iwan Bule menilai jika Shin Tae-yong diminta fokus untuk menangani Timnas Indonesia muda saja.

Kini isu tersebut mendekati kenyataan. Dalam sebuah video pada Jumat (10/06/22), Iwan Bule mengonfirmasi jika PSSI akan mempekerjakan Shin Tae-yong sebagi pelatih Timnas U-20.

Menurut Iwan Bule, Komite Eksekutif (Exco) sudah satu suara alias sepakat dengan wacana tersebut. Kabar tersebut seolah jadi pukulan bagi Shin Tae-yong yang tengah fokus berjuang di Kualifikasi Piala Asia 2023.