In-depth

Terakhir Kali Timnas Indonesia di Piala Asia: Juventus Raja Serie B, Deddy Corbuzier Masih Gondrong

Rabu, 15 Juni 2022 10:39 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Bradley Kanaris/Getty Images
Bambang Pamungkas, salah satu pemain Timnas Indonesia yang pernah berlaga di Piala Asia. Foto: Bradley Kanaris/Getty Images. Copyright: © Bradley Kanaris/Getty Images
Bambang Pamungkas, salah satu pemain Timnas Indonesia yang pernah berlaga di Piala Asia. Foto: Bradley Kanaris/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia berhasil meraih tiket ke Piala Asia 2023 setelah menumbangkan Nepal dengan skor telak 7-0, Rabu (15/06/22).

Ya, anak-anak asuh Shin Tae-yong berpesta gol tadi malam dan memberondong Nepal tujuh gol tanpa balas.

Hebatnya lagi, tujuh gol tersebut tercipta dari enam pemain yang berbeda pula: Dimas Drajad, Witan Sulaeman (brace), Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott, dan Marselino Ferdinan.

Dengan hasil ini, mereka lolos dari kualifikasi ketiga sebagai salah satu runner-up terbaik bersama Kyrgyzstan, Malaysia, Thailand, dan Hong Kong.

Selain itu, Timnas Indonesia juga berhak mengantongi tiket ke Piala Asia untuk pertama kalinya sejak 2007 silam.

Sejarah mencatat, terahir kali Timnas Indonesia berlaga di Piala Asia adalah tahun 2007, saat menjadi tuan rumah bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Ya, 15 tahun. Butuh waktu yang cukup lama bagi skuat Garuda untuk kembali beraksi di turnamen akbar sepak bola level Asia ini.

Bahkan pada waktu itu, Juventus belum mendominasi Serie A Liga Italia dengan raihan gelar beruntun mereka selama sembilan kali berturut-turut.

Bahkan, Giorgio Chiellini dkk justru tengah terpuruk karena harus bermain di Serie B setelah dilanda calciopoli yang menerjang Italia pada 2004-2006.

Namun dasar berkualitas, sinar Juventus tidak bisa redup begitu saja meski berlaga di kompetisi kasta kedua Italia.