Bola Internasional

Shin Tae-yong Bongkar Rencana di Piala Asia 2023

Minggu, 19 Juni 2022 15:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© Arif Rahman/Indosport.com
Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia. Foto: Arif Rahman/Indosport.com Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sudah ancang-ancang untuk persiapan Piala Asia 2023. Setelah bawa skuad Garuda lewati babak kualifikasi, ia berencana tingkatkan kekuatan tim. 

Menurut Shin Tae-yong, lawan di Piala Asia 2023 pasti lebih berat dibanding di babak kualifikasi. Karenanya, dia butuh tenaga tambahan di Timnas Indonesia yakni pemain naturalisasi. 

Sejauh ini, sudah ada tiga pemain yang tengah dalam proses naturalisasi yakni Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne Pattynama. Mereka hampir pasti bisa bermain di Piala Asia 2023 tahun depan. 

"Secara mental dan fisik membaik,  mungkin fans bisa lihat langsung. Ketum PSSI dan staf membantu dan juga mendukung penuh, secara sistem sangat berkembang juga," kata Shin Tae-yong. 

"Piala Asia memang tidak gampang karena lawan lebih kuat dari pada sekarang (kualifikasi). Dengan pemain naturalisasi akan lebih kuat dari pada ini," imbuhnya. 

Shin Tae-yong menginginkan Timnas Indonesia terus berkembang. Mereka harus bersaing dengan negara-negara di level Asia, karena skuad Garuda punya kapasitas untuk itu. 

"Mulai dari sekarang, bukan hanya mengikuti turnamen tapi juga menjadi tim bisa bersaing dengan yang ada di Piala Asia. Sistem PSSI juga terus berkembang dan positif," tutur pelatih 52 tahun itu. 

Pasca Kualifikasi Piala Asia 2023, Shin Tae-yong mengatakan tidak banyak agenda untuk Timnas senior. Dia hanya perlu memantau pemain dan menyiapkan untuk FIFA match day pada September nanti dan juga Piala AFF akhir tahun. 

"Sampai saat ini jadwal timnas senior ada FIFA match day di September, selain itu tidak ada," ujarnya.