Bola Internasional

Cerita Asisten Shin Tae-yong Soal Ketegangan di Kualifikasi Piala Asia 2023

Senin, 20 Juni 2022 17:01 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/Indosport.com
Pelatih Indonesia Shin Tae-yong dan Fachruddin Aryanto foto bersama pelatih Bangladesh, Javier Fernandez Cabrera Martin Penato dan Jamal Bhuyan, saat konferensi pers jelang FIFA Matchday, Selasa (31/05/22). Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Pelatih Indonesia Shin Tae-yong dan Fachruddin Aryanto foto bersama pelatih Bangladesh, Javier Fernandez Cabrera Martin Penato dan Jamal Bhuyan, saat konferensi pers jelang FIFA Matchday, Selasa (31/05/22).

INDOSPORT.COM - Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto bercerita mengenai ketegangan tim saat ikut Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait. Skuad asuhan Shin Tae-yong harus menunggu hingga menit akhir untuk memastikan tiket ke babak utama. 

Menurut Nova Arianto, Timnas Indomesia berangkat ke Kuwait dalam kondisi penuh tekanan. Pasalnya, skuad Garuda tak mampu menang atau hanya bermain imbang saat uji coba lawan Bangladesh di Bandung.

Belum lagi, di Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, ada Kuwait dan Yordania yang lebih difavoritkan lolos. Karena dua negara itu punya ranking FIFA yang lebih baik dibanding Indonesia. 

"Kami maklum dengan pesimistis masyarakat saat kami berangkat ke Kuwait, setelah imbang melawan Bangladesh," buka Nova Arianto.

"Tapi kami tim pelatih punya periodesasi sendiri dan Bangladesh memang jadi salah satu periodesasi kami untuk Kualifikasi Piala Asia. Setelah itu semuanya berjalan dengan baik dan kami bersyukur bisa lolos ke Piala Asia setelah 15 tahun," imbuhnya.

Di Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Indonesia laga perdana dengan kemenangan atas Kuwait. Sempat tertinggal lebih dahulu, skuad Garuda akhirnya bisa bangkit dan menang 2-1 atas tuan rumah.