Liga Indonesia

Soal Persaingan 3 Pelatih Korsel di Asia Tenggara, Ini Respons Berkelas Shin Tae-yong

Senin, 20 Juni 2022 17:10 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Prio Hari Kristanto
© Arif Rahman/Indosport.com
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong seusai memimpin latihan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Minggu (29/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong seusai memimpin latihan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Minggu (29/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM – Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-Yong angkat bicara mengenai peluang persaingan para pelatih Korea Selatan di sepak bola Asia Tenggara.

Seperti diketahui, Korea Selatan menjadi penyumbang pelatih terbanyak di percaturan sepak bola Asia Tenggara (ASEAN) dengan tiga tim menggunakan jasanya.

Sebut saja Vietnam yang lebih dulu menggunakan jasa Park Hang-Seo yang berhasil membawa tim negeri Paman Ho ini menjadi juara Piala AFF.

Kemudian, Indonesia menyusul dengan mendatangkan salah satu pelatih bertangan dingin, yaitu Shin Tae-Yong yang mampu membawa Korea Selatan menumbangkan Jerman, sang juara bertahan Piala Dunia 2014 di gelaran Piala Dunia 2018 di Rusia.

Malaysia kemudian menjadi yang teranyar menggunakan jasa pemain Korea Selatan, dengan mendatangkan salah satu pelatih hebat negeri ginseng, Kim Pan-Gon, yang sempat menjadi petinggi asosiasi sepak bola.

Ketiga pelatih ini mampu meraih prestasi mengesankan dengan membawa Timnas Vietnam, Indonesia, dan Malaysia lolos ke putaran final piala Asia 2023.

Ini adalah pertama kalinya ASEAN mengirim empat wakil secara bersamaan, berikut Thailand ke Piala Asia dari sistem kualifikasi.

Sebelumnya, keempat negara turun pada Piala Asia 2007 secara bersamaan, mengingat Thailand, Indonesia, Malaysia, dan Vietnam menjadi tuan rumah.

Salah satu aksi yang menarik adalah keberhasilan Shin Tae-yong meloloskan Timnas Indonesia dari kualifikasi dengan mengalahkan negara timur tengah Kuwait dengan skor tipis.

Media Korea Selatan, Newsis bahkan menyebut bahwa Indonesia tampil cukup hebat dengan 2 kali kemenangan dan 1 kali kalah dari Yordania untuk lolos ke putaran final Piala Asia 2023.