Liga Indonesia

PSSI dan Shin Tae-yong Ungkap Status Ivar Jenner, Calon Playmaker Timnas Indonesia U-19

Rabu, 22 Juni 2022 21:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tidak adanya pemain keturunan Indonesia-Belanda, Ivar Jenner, di pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 jadi sorotan. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tidak adanya pemain keturunan Indonesia-Belanda, Ivar Jenner, di pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 jadi sorotan.

INDOSPORT.COM - Tidak adanya pemain keturunan Indonesia-Belanda, Ivar Jenner, di pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 jadi sorotan. Pasalnya, ada tiga pemain keturunan lain yang justru dipanggil ikut latihan di Stadion Madya, Senayan. 

Ivan sebelumnya telah bertemu perwakilan PSSI yakni Hasani Abdulghani selaku Exco PSSI. Pemain 18 tahun itu dilaporkan masuk bidikan PSSI untuk bela Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2023 yang digelar di Indonesia. 

Pada latihan Timnas Indonesia U-19, Selasa (21/06/22) hanya terlihat tiga pemain keturunan yakni Jim Roberto Croque, Kai Boham dan Max Christoffel. 

Keberadaan Kai dan Nax cukup mengejutkan. Sebab, nama keduanya belum pernah disebutkan PSSI dalam rencananya menaturalisasi pemain keturunan. 

Oleh sebab itu, Shin Tae-yong pun menjelaskan soal status Ivar Jenner. Dia mengatakan belum ada update terbaru dari federasi maupun pemain yang bersangkutan, jadi tidak ikut dalam latihan bulan ini. 

"Sampai saat ini belum ada update ya.  Belum ada tambah pemain lagi yang naturalisasi sampai saat ini untuk datang ke training camp," kata Shin Tae-yong.

Hal tak jauh berbeda juga dikatakan direktur teknik PSSI, Indra Sjafri. Dia hanya menyebut tiga nama pemain keturunan Belanda yang ikut latihan Timnas U-19 kemarin sore. 

"Saya belum tahu soal Ivar Jenner. Yang ada saja yang diberitain," ujar Indra Sjafri secara singkat.

Ivar Jenner lahir di Utrecht, Belanda, pada 10 Januari 2004. Meski masih berusia 18 tahun, Ivar Jenner sudah menjalani debutnya bersama Jong Utrecht di kompetisi kasta kedua Liga Belanda.

Dia mendapatkan kontrak profesionalnya pada 28 Mei 2021 dan tanda tangani kerja sama dengan FC Utrecht hingga pertengahan 2024. 

Ivar Jenner sempat tampil untuk timnas U-15 Belanda pada 7 Maret 2019. Setelahnya, dia juga mendapat panggilan untuk mengikuti seleksi di timnas Belanda U-17 dan U-18. Darah Indonesia Ivar Jenner disebutkan mengalir dari kakeknya yang lahir di Kediri, Jawa Timur.