Liga Indonesia

Cari The Next Boaz Solossa, Presiden Jokowi Beri Instruksi Khusus Buat Sepak Bola di Papua

Jumat, 24 Juni 2022 20:46 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Sudjarwo
Kapten Persipura Jayapura, Boaz Solossa ketika berlatih. Copyright: © Sudjarwo
Kapten Persipura Jayapura, Boaz Solossa ketika berlatih.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora), Zainudin Amali mendapat madat dari Presiden Jokowi untuk mempercepat pengembangan sepak bola di Papua.

Zainudin Amali mengungkapkan kalau Jokowo sangat berharap lahir talenta-talenta sepak bola dari Papua. Pasalnya, daerah di Timur Indonesia itu selalu menyumbang pemain untuk timnas maupun klub di Tanah Air seperti contoh ada nama Boaz Solossa.

"Jadi sepak bola secara keseluruhan Bapak Presiden menyampaikan kepada saya supaya mendorong percepatan persepakbolaan yang ada di Papua," kata Menpora Amali. 

 "Presiden Joko Widodo berharap dari Papua akan lahir talenta-talenta yang unggul untuk olahraga. Terlebih sepak bola merupakan cabang olahraga yang mampu mengundang animo masyarakat yang sangat kuat di Papua," imbuhnya.

Dilaporkan, PT Freeport Indonesia telah membangun sekolah sepak bola (SSB) dan asrama bagi putra-putra Papua. Hal itu sebagai bentuk komitmen membangun masyarakat Papua lewat bidang olahraga.

"Memang sudah ada arahan kepada Dirut PT Freeport Indonesia untuk membuat sekolah sepakbola (SSB) untuk talenta atlet di Papua khususnya di Timika dan Jayapura," jelas Menpora.

Menurut Menpora, SSB itu sudah ada dengan persiapan yang sudah baik dan akan segera dikenalkan ke publik. Semua pengelolaannya diurus Freeport.

 "Akademi sepakbola di Papua ini sudah ada dan akan segera dilounching mungkin Juli atau Agustus ini. Itu di back up penuh oleh PT Freeport Indonesia baik pelatihnya, rekruitmen atlet-atlet usia dini di Papua dan sebagainya," tuntas Zainudin Amali.