Liga Indonesia

Andai Coach Justin jadi Ketum PSSI: Reformasi Asprov dan Berantas Raja-raja Kecil!

Sabtu, 25 Juni 2022 16:44 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Justinus Lhaksana alias Coach Justin. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Justinus Lhaksana alias Coach Justin.

INDOSPORT.COM - Andai jadi Ketua Umum PSSI, Justinus Lhaksana alias Coach Justin mengaku akan mereformasi Asprov dan memberantas raja-raja kecil di organisasi.

Sebagai sosok yang pernah menjabat sebagai pelatih Timnas Futsal dan direktur teknik, Coach Justin juga bersinggungan dengan PSSI sebagai induk utama.

Kala itu, Coach Justin menyadari ada yang salah dengan jalannya roda organisasi PSSI, karena cabangnya di provinsi, yaitu Asprov, dibiarkan menunjuk ketua masing-masing.

"Ada satu hal yang signifikan, yang salah di PSSI, ada organisasi di dalam organisasi," bongkar Coach Justin saat berbincang dengan Helmi Yahya di konten Just HY.

"PSSI kan sebuah organisasi di bawah AFC, AFC di bawah FIFA. FIFA tunjuk organisasi di beberapa benua untuk menaungi negara."

"Negara ini anggota, anggota memilih ketua untuk Ketua AFC," papar Coach Justin lagi.

"PSSI kan ketua dan exco-nya dipilih oleh anggotanya. Anggotanya siapa? Klub, Divisi 1, Divisi 2, dan lain-lain," tambah Justin.

Sampai di sini, PSSI sudah melakukan langkah yang tepat. Namun di level yang lebih bawah, Coach Justin menilai PSSI keliru karena membiarkan Ketua Asprov dipilih oleh anggota, yaitu klub dan SSB.

"Sekarang ada yang namanya Asprov, itu juga organisasi, tapi kenapa ketuanya itu harus dipilih, padahal kan mereka di bawah naungan PSSI, ibarat cabangnya PSSI."

"Asprov kalau ketuanya dipilih juga, artinya PSSI nggak boleh menurunkan mereka, kan bukan PSSI yang memilih, anggota-anggota yang memilih. Inilah raja-raja kecil," ujarnya.