Bola Internasional

Dirtek PSSI Janjikan Timnas Indonesia Uji Coba Lawan Tim Ranking 120 Besar FIFA

Selasa, 28 Juni 2022 18:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Arif Rahman/Indosport.com
Direktur teknik PSSI, Indra Sjafri memastikan, lawan yang akan dihadapi Timnas Indonesia adalah berkisar di antara negara dengan peringkat 120 besar FIFA. Foto: Arif Rahman/Indosport.com Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Direktur teknik PSSI, Indra Sjafri memastikan, lawan yang akan dihadapi Timnas Indonesia adalah berkisar di antara negara dengan peringkat 120 besar FIFA. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia akan manfaatkan FIFA match day pada September 2022 nanti. PSSI dan pelatih Shin Tae-yong telah berdiskusi soal siapcalon lawan.

Awalnya, Shin Tae-yong dilaporkan ingin Timnas Indonesia melawan negara dengan ranking FIFA dari 50-100. Tapi ada perubahan setelah diskusi dengan PSSI. 

Direktur teknik PSSI, Indra Sjafri memastikan, lawan yang akan dihadapi nantinya adalah berkisar di antara negara dengan peringkat 120 besar. Artinya calon lawan adalah dari peringkat 1-199 FIFA. 

"Untuk uji coba nanti itu kita usahakan negara dengan peringkat 1-119 FIFA," kata Indra Sjafri. 

Uji coba sangat penting bagi Timnas Indonesia, sebagai persiapan untuk tampil di Piala Asia 2023. Skuad Garuda telah memastikan bermain pada babak utama.

Selama jeda internasional atau FIFA match day yang berlangsung pada 19-27 September, PSSI rencanakan ada dua pertandingan uji coba. Kedua pertandingan itu diharapkan bisa berlangsung di Indonesia.

PSSI berharap uji coba nanti bisa dihadiri 100 persen penonton. Tetapi, hal itu menunggu arahan dari pemerintah. 

Sementara itu, Piala Asia dijadwalkan akan berlangsung pada 16 Juni-16 Juli tahun depan. Belum ada tuan rumah yang ditetapkan sejauh ini, setelah China menarik diri. 

Sebelum Piala Asia 2023, Timnas Indonesia masih memiliki setidaknya empat pertandingan uji coba bertajuk FIFA match day. Selain pada 19-27 September 2021, ada juga slot pada 20-28 Maret 2022.

Agenda uji coba sangat penting bagi tim Merah Putih, terlebih pada drawing Piala Asia 2023, Indonesia kemungkinan besar akan tergabung di grup yang sulit lantaran berada di grup unggulan atau pot 4.

Oleh karena itu, PSSI berjanji akan memilih lawan kuat dengan peringkat yang lebih tinggi untuk uji coba. Selain itu, menghadapi lawan yang lebih kuat akan membuka kesempatan bagi Timnas Indonesia untuk naik peringkat dengan cepat jika mampu menang.