Liga Indonesia

Bersua di 2023, Timnas Indonesia Pernah Gagal ke Piala Dunia karena Tolak Israel

Senin, 27 Juni 2022 19:40 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Prio Hari Kristanto
© instagram.com/israel_football_association/
Israel ternyata sempat hampir berhadapan dengan Indonesia di masa lalu, tepatnya ketika tim merah putih terpaksa gagal ke Piala Dunia 1958. Copyright: © instagram.com/israel_football_association/
Israel ternyata sempat hampir berhadapan dengan Indonesia di masa lalu, tepatnya ketika tim merah putih terpaksa gagal ke Piala Dunia 1958.

INDOSPORT.COM – Israel ternyata sempat jadi batu sandungan Indonesia di masa lalu, tepatnya ketika tim merah putih nyaris turun di Piala Dunia 1958.

Seperti diketahui, Indonesia bakal menyelenggarakan Piala Dunia U-20 pada 2023 nanti. Sejumlah persiapan pun sudah dilakukan, meliputi stadion dan sarana lain.

Namun demikian, satu isu pun muncul ketika Israel kemudian dinyatakan lolos ke Piala Dunia U-20 beberapa waktu lalu.

Gelombang protes pun muncul dari masyarakat Indonesia, mengingat secara politik ada dukungan kepada Palestina, negara yang kerap diganggu oleh Israel.

Seperti diketahui sebelumnya, Timnas Israel berhasil lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 setelah finis di peringkat dua klasemen Grup B Piala Eropa U-19

Sepanjang babak penyisihan grup, Timnas Israel mampu mengumpulkan catatan kemenangan satu kali, hasil seri satu kali, dan kalah sekali.

Selain itu, anak asuh Ofir Haim juga mampu mengoleksi enam gol, dan kemasukan sebanyak lima kali. Kemenangan yang diraih Israel didapatkan ketika melawan Austria (22/06/22), dan berakhir dengan skor 4-2.

Sedangkan ketika bertemu dengan Serbia pada (19/06/22), Israel raih hasil imbang, dengan skor 2-2.

Banyak pihak yang kemudian meminta pemboikotan kepada Israel, terutama dari sebagian suporter di dunia maya.

Tak hanya itu, gelombang protes juga dibumbui dengan rencana pemberian spanduk-spanduk protes jika Israel kemudian bertanding di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.