In-depth

Mengenal Visakha FC, Klub Kamboja yang Hancurkan Bali United di Piala AFC 2022

Selasa, 28 Juni 2022 06:41 WIB
Editor: Juni Adi
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Para pemain Visakha FC mengawal ketat pergerakan pemain Bali United. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Para pemain Visakha FC mengawal ketat pergerakan pemain Bali United. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Visakha FC membuat kejutan di Piala AFC 2022 dengan mengalahkan Bali United di Piala AFC 2022. Seperti apa profilnya.

Bali United harus menelan pil pahit kala berhadapan dengan wakil Liga Kamboja, Visakha FC, di babak penyisihan Grup G Piala AFC 2022 zona ASEAN, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Senin (27/06/22) kemarin.

Jawara Liga 1 Indonesia dua kali beruntun, Bali United, tanpa diduga kalah dengan skor mencolok 2-5. 

Padahal tuan rumah sempat unggul lebih dahulu melalui gol Irfan Jaya menit ke-9. Ia memanfaatkan bola sodoran Eber Bessa, setelah bek lawan melakukan kesalahan.

Sayang setelah gol itu, permainan Bali United tampak kacau. Mereka malah kebobolan dua gol hingga turun minum.

Visakha FC menyamakan kedudukan melalui gol Paulo Victor di menit ke-17 dan berbalik unggul melalui gol Ouk Sovann menit ke-45.

Skor 2-1 bertahan hingga jeda. Memasuki babak kedua, Bali United yang tertinggal bukannya bermain lebih baik malah lebih buruk.

Pertahanan mereka mudah sekali dibobol hingga menyebabkan datang gelontoran tiga gol baru.

Visakha FC mencetak gol ketiga di menit ke-55 melalui gol Lee Jae-gun, dan memperbesar keunggulan melalui gol Paulo Victor menit ke-63, dan terakhir ada gol Ouk Sovann menit ke-88. 

Bali United sempat memperkecil keadaan menjadi 2-4 melalui gol Jean Befolo Mbarga menit ke-85. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor 5-2 tak berubah. 

Dengan kemenangan ini, Visakha FC merangsek naik ke puncak klasemen sementara Grup G Piala AFC 2022 zona ASEAN, dengan enam poin.

Sedangkan Bali United berada di peringkat kedua dengan tiga poin. Hanya butuh satu kemenangan lagi bagi Vishaka FC untuk bisa melaju ke babak selanjutnya.

Bagi publik sepak bola Indonesia, mungkin pencapaian Visakha FC ini tergolong mengejutkan, karena mereka mampu membantai jawara Liga 1 Indonesia.

Sebuah kompetisi liga yang saat ini menjadi salah satu terbaik di regional Asia Tenggara.

Apalagi untuk ukuran klub yang baru berumur enam tahun namun di sisi lain, tentu ini adalah progres yang membanggakan bagi sepakbola Kamboja.