Bola Internasional

Pernah Digilas Timnas Indonesia, Media Vietnam Ungkap 'Kutukan' Negaranya di Piala AFF U-19

Rabu, 29 Juni 2022 15:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© AFF
Media asal Vietnam mengungkapkan adanya 'kutukan' pada timnas senagranya setiap kali tampil di Piala AFF U-19, termasuk pernah digulas Timnas Indonesia. Copyright: © AFF
Media asal Vietnam mengungkapkan adanya 'kutukan' pada timnas senagranya setiap kali tampil di Piala AFF U-19, termasuk pernah digulas Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM – Media asal Vietnam mengungkapkan adanya 'kutukan' pada timnas senagranya setiap kali tampil di Piala AFF U-19, termasuk pernah digulas Timnas Indonesia.

Kompetisi kelimpok usia muda se-Asia Tenggara, Piala AFF U-19 2022 akan segera dimulai. Turnamen ini akan berlangsung di Jakarta dan Bekasi pada 2 -15 Juli 2022.

Vietnam merupakan salah satu negara peserta yang ambil bagian di ajang ini. Timnas Vietnam U-19 tergabung di A bersama tuan rumah Indonesia, Thailand, Filipina, Myanmar, dan Brunei Darussalam.

Tim besutan Dinh The Nam akan memulai perjuangan di fase grup Piala AFF U-19 2022 melawan Timnas Indonesia U-19 besutan Shin Tae-yong pada pada 2 Juli di Stadion Patriot, Bekasi.

Jelang pertandingan tersebut, Soha melalui sebuah artikel yang terbit pada hari Rabu (29/06/22) justru mengungkapkan bahwa Timnas Vietnam U-19 tidak pernah beruntung dalam sejarah Piala AFF U-19.

Meski demikian, media asal Vietnam ini memperlihatkan bukti bahwa pasukan muda negaranya menunjukkan peningkatan performa impresif dalam beberapa tahun teraakhir di level regional.

“Prestasi sepak bola Vietnam di kancah Asia Tenggara U-19 memang sedang dalam tren menurun, namun perkembangan Vietnam U-19 setelah mengecewakan di arena regional sangat impresif,” tulis Soha dalam kalimat pembuka artikel mereka.

Turnamen Piala AFF U-19 digelar pertama kali pada tahun 2002. Vietnam tercatat delapan kali menjadi tuan rumah dari 17 edisi yang sudah diselenggarakan sejauh ini.

Menurut media ini, prestasi sepak bola Vietnam kurang mentereng di ajang ini.  Buktinya, negara ini  4 kali tersingkir dari babak penyisihan grup, kalah 8 kali di semifinal dan hanya sekali juara usai 5 kali mencapai final.

Satu-satunya keberhasilan Vietnam menjadi juara Piala AFF U-19 diraih pada edisi 2007 di kandang sendiri. Saat itu mereka berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor 1-0.