Bola Internasional

Rumor Dihentikannya Naturalisasi Jordi Amat oleh PSSI Akibat Gabung JDT Disinggung Media Malaysia

Kamis, 30 Juni 2022 06:00 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Juni Adi
© PSSI
Vocket FC membahas bagaimana kemarahan suporter timnas Indonesia usai mengetahui Jordi Amat pindah ke Johor Darul Ta'zim bisa membuatnya batal dinaturalisasi. Copyright: © PSSI
Vocket FC membahas bagaimana kemarahan suporter timnas Indonesia usai mengetahui Jordi Amat pindah ke Johor Darul Ta'zim bisa membuatnya batal dinaturalisasi.

INDOSPORT.COM - Kabar jika Jordi Amat menerima banyak kritik usai memutuskan bergabung dengan Johor Darul Ta'zim rupanya sudah sampai ke Malaysia.

Isu yang beredar jika nantinya proses naturalisasi sang bek tengah akan dihentikan oleh PSSI dan timnas Indonesia pun juga sudah terdengar oleh media negeri jiran.

Salah satunya adalah Vocket FC. Mereka melaporkan bagaimana pergantian paspor Amat bisa saja dibatalkan namun hanya dengan izin dari pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

"PSSI menegaskan mereka tidak akan memberhentikan proses naturalisasi pemain bertahan senior, Jordi Amat kecuali ada permintaan langsung dari juru latih Shin Tae-yong," tulis Vocket FC dalam artikel mereka.

"Pemain kelahiran Spanyol tersebut baru saja disahkan menjadi pemain baru Johor Darul Ta'zim untuk musim ini namun kabar tersebut tidak disukai sebagian besar pendukung timnas Indonesia," tambah mereka lagi.

Keuputusan Amat untuk berbaju JDT menimbulkan polemik di tanah air usai banyak yang berharap jika ia masih akan meneruskan karier di level tertinggi alias Eropa.

Dengan bergabung dengan kesebelasan Asia terutama Asia Tenggara, ditakutkan level permainan Amat akan menurun. Padahal usianya baru 30 tahun dimana biasanya pemain bertahan menikmati masa emasnya.

Terlebih lagi ada dugaan jika Jordi Amat memang sudah bersekongkol dengan Johor Darul Ta'zim untuk memanfaatkan niatan PSSI menaturalisasinya.

Pasalnya dengan itu The Southern Tigers bisa diuntungkan karena dapat mendaftarkan Amat sebagai pemain asing dari Asia alih-alih Eropa.

Dalam waktu dekat Liga Super Malaysia akan membatasi jumlah legiun impor mereka dan tentunya mendapatkan pemain sekelas Amat dengan menggunakan slot Benua Kuning adalah bisnis menguntungkan.