Bola Internasional

Gabriel Jesus, dari Melukis Mural Kini Jadi Lukisan Mural

Jumat, 1 Juli 2022 18:29 WIB
Penulis: Reni Nur Arifah | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Buda Mendes/Getty Images
Gabriel Jesus, pemain muda Timnas Brasil yang baru pindah dari Manchester City ke Arsenal. Foto: Buda Mendes/Getty Images. Copyright: © Buda Mendes/Getty Images
Gabriel Jesus, pemain muda Timnas Brasil yang baru pindah dari Manchester City ke Arsenal. Foto: Buda Mendes/Getty Images.

INDOSPORT.COM – Delapan tahun yang lalu, Gabriel Jesus memimpikan ketenaran dunia sepak bola sambil mengasah keterampilan seninya.

Pemain anyar Arsenal itu dahulu hanyalah seorang remaja yang suka melukis mural di jalanan dekat kampungnya di Sao Paulo.

Saat itu Brasil tengah bersiap untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014.

Gabriel Jesus baru berusia 17 tahun dan membintangi tim muda Palmeiras saat ia tertangkap kamera sedang memegang kuas cat, melukis jalanan di distrik Jardim Peri di Sao Paulo.

Saat itu penduduk Brasil sedang bereuforia karena semangat Piala Dunia 2014 yang diadakan di negara itu.

Dedikasi Jesus pada sepak bola datang melalui klub sepak bola Pequeninos do Meio Ambiente di kota tetangganya, Tremembe.

Setiap hari Sabtu, ia akan berjalan satu setengah jam untuk berlatih menggunakan sandal jepit dengan sepasang sepatu bola usang di tangannya karena dia tidak mampu membayar ongkos bus.

Mungkin, perjalanan sejauh 12 kilometer lebih itulah yang membuatnya menjadi pemain yang tak kenal lelah dan pekerja keras seperti sekarang ini.

Jesus dibesarkan oleh ibu tunggalnya, Vera. Ayahnya meninggal tak lama setelah ia lahir.

Sang ibu dikabarkan menjalankan tiga pekerjaan sekaligus untuk menghidupi keempat anaknya, termasuk untuk mendukung bakat Jesus bermain bola.

Sampai hari ini, Jesus tidak pernah melupakan perjuangan sang ibu. Setiap kali mencetak gol, ia akan mengeluarkan selebrasi menelepon khasnya untuk menghormati ibunya.