Bola Internasional

Punya Kans Bela Timnas Indonesia dan Belanda, Wonderkid Bayern Munchen Pilih Perkuat 'Liliput' Eropa

Sabtu, 2 Juli 2022 04:56 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Juni Adi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
David Jonathan bisa bela timnas Indonesia atau Belanda namun bintang muda Bayern Munchen tersebut lebih memilih Luksemburg untuk saat ini. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
David Jonathan bisa bela timnas Indonesia atau Belanda namun bintang muda Bayern Munchen tersebut lebih memilih Luksemburg untuk saat ini.

INDOSPORT.COM - Rupa-rupanya di klub sebesar Bayern Munchen pun ada talenta keturunan Indonesia yang sebelum ini tidak terbaca oleh radar timnas Indonesia.

Namanya adalah David Jonathans, penyerang muda berdarah Belanda yang uniknya memilih untuk memegang paspor Luksemburg dan membela timnasnya.

Jonathans pertama kali 'ditemukan' oleh salah satu akun Instagram yang memang hobi mengumpulkan database pemain blasteran Indonesia yakni @footballtalentnesia.

Akun tersebut punya banyak jaringan di Eropa dan bahkan jadi salah satu yang pertama mengetahui soal banyak pemain keturunan lain terutama di Belanda.

Sebut saja Kai Boham, Max Christoffel, dan Jim Croque yang saat ini tengah melakukan seleksi bersama timnas Indonesia U-19 demi dinilai kelayakannya untuk naturalisasi.

Menurut bocoran dari @footballtalentnesia, Jonathan memiliki darah 'merah-putih' dari ayahnya yang murni orang Indonesia.

Belum diketahui secara pasti dimana David Jonathan dilahirkan namun yang jelas ia tumbuh besar di Luksemburg dan mengeyam pendidikan sepak bola bersama sebuah klub bernama Swift Hesperange.

Ia baru bergabung bersama akademi Bayern Munchen pada Juli 2020 silam dan kini sang remaja 18 tahun masuk dalam skuat U-19 Die Roten.