Bola Internasional

Terkait Nasib 3 Pemain Keturunan Belanda, Begini Penjelasan Shin Tae-yong dan PSSI

Sabtu, 2 Juli 2022 12:38 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain keturunan, Max Christoffel saat mengikuti latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya, Senayan, Selasa (21/06/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain keturunan, Max Christoffel saat mengikuti latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya, Senayan, Selasa (21/06/22).

INDOSPORT.COM - Tiga pemain keturunan Indonesia-Belanda, Jim Roberto Croque, Kai Boham dan Max Christoffel yang sempat ikut pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 telah dipulangkan.

Nasib ketiga pemain keturunan ini ternyata masih dipertimbangkan pelatih Shin Tae-yong

Sebelumnya, tiga pemain muda itu diundang ikut latihan agar Shin Tae-yong bisa melihat langsung kualitas mereka. Pasalnya, ada kemungkinan tenaga ketiganya disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023. 

Setelah ketiganya jalani latihan hampir dua pekan dan ikut dua laga uji coba, Shin Tae-yong belum ambil keputusan. Juru taktik 52 tahun itu mengatakan harus hati-hati karena resikonya cukup besar, baik bagi Timnas maupun pemain. 

"Tiga pemain itu bekerja keras selama pemusatan latihan bersama Timnas U-19," kata Shin Tae-yong. 

"Tetapi karena ini persiapan untuk Piala Dunia U-20, kami hati-hati untuk memilih pemain naturalisasi. Saat ini (statusnya) masih dipertimbangkan," imbuhnya. 

Jika sesuai kriteria, Shin Tae-yong bisa ajukan tiga nama di atas untuk diproses menjadi warga negara Indonesia (WNI). Apalagi, Jim, Max dan Kai sudah menyatakan bersedia membela Timnas Indonesia.