Bola Internasional

Mampu Tahan Imbang Timnas Indonesia U-19, Pelatih Vietnam: Kami Tertekan Secara Psikis

Minggu, 3 Juli 2022 14:44 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan antara Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam di Piala AFF U-19 2022. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan antara Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam di Piala AFF U-19 2022.

INDOSPORT.COM -  Pelatih kepala Vietnam, Dinh The Na mengaku kalau pemainnya banyak mengalami tekanan secara psikologis kala berlaga di hadapan suporter Timnas Indonesia U-19.

Sebagaimana diketahui, Vietnam baru saja sukses menahan imbang Timnas Indonesia U-19 dengan skor 0-0 di laga perdana Grup A Piala AFF U-19 2022.

Pertandingan panas antara Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam tersaji di Stadion Candrabhaga, Bekasi pada Sabtu (02/07/22) malam WIB.

“Ini pertandingan pertama pada turnamen ini, Vietnam U-19 banyak pemain-pemain baru yang baru pertama kali bermain di Jakarta dan dengan penonton yang begitu besar. Hal ini sangat mempengaruhi mentalitas kami,” ujar Dinh The Nam dilansir dari Zingnews (03/07/22).

“Indonesia bermain sangat baik di saat bermain di kandang. Mereka secara mental bersemangat dan sehat secara  fisik. Dalam pertandingan seperti itu, psikologi anak-anak (Vietnam U-19) tertekan. Psikis yang tidak baik telah mempengaruhi kekuatan fisik mereka, sehingga mereka mengalami banyak kram,” tambah Dinh The Nam.

Hasil tersebut seakan tidak mencerminkan situasi yang ada di lapangan. Kedua kesebelasan sebenarnya sama-sama kerap melakukan tembakan berbahaya ke arah gawang, akan tetapi keberuntungan belum memihak kedua kubu.

“Pentingnya pertandingan pertama dan tekanan penonton membuat pemain Indonesia memiliki dorongan secara psikis. Mereka lebih banyak memiliki peluang, tetapi sering gagal mengoper atau mengeksekusi. Vietnam U-19 juga memiliki peluang yang jelas, dan saya puas dengan hasil ini,” ujar Ding The Nam.

Dari sisi Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong juga memuji penampilan para pemainnya. Pelatih asal Korea Selatan itu juga turut mengatakan bahwa ini adalah hasil yang dapat diterima.

“Para pemain Indonesia telah bekerja keras, begitu juga para pemain Vietnam. Oleh karena itu, banyak pemain mengalami kram pada pertandingan inim," ujar Shin Tae-yong.

Pertandingan pertama di turnamen biasanya sulit tetapi penampilan yang ditunjukkan para pemain saya bagus untuk dikatakan,” tuturnya menambahkan.