Bola Internasional

Dihantui Sejarah Pembantaian, Brunei Darussalam Gemetar Hadapi Timnas Indonesia di Piala AFF U-19

Senin, 4 Juli 2022 18:50 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Brunei Darussalam tidak punya rekor apik kala jumpa timnas Indonesia di level junior termasuk di Piala AFF U-19 kali ini. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Brunei Darussalam tidak punya rekor apik kala jumpa timnas Indonesia di level junior termasuk di Piala AFF U-19 kali ini.

INDOSPORT.COM - Brunei Darussalam sepertinya sadar diri jika mereka sama sekali bukan favorit kala jumpa timnas Indonesia di matchday kedua Piala AFF U-19 2022 nanti.

Jelang duel yang digelar pada Senin (04/07/22) di Stadion Patriot Candrabhaga tersebut, The Hornets dihantui rekor buruk tiap kali berjumpa Garuda Muda.

Dalam lima pertemuan terakhir khusus di ajang Piala AFF U-19, timnas Indonesia mampu menyampu bersih semua kemenangan.

Bahkan Brunei hanya diberi kesempatan sekali saja untuk mencetak gol. Total agregat skor pertandingan timnas junior kedua negara adalah 34-1 untuk keunggulan Indonesia.

Brunei tahu betul sejarah ini. Bahkan akun resmi federasi sepak bola mereka bahkan mengunggah sendiri statistik tersebut di akun Instagram.

© Instastory@bruneifootball
Head to head Indonesia U19 vs Brunai Darussalam U19. Foto: Instastory@bruneifootball Copyright: Instastory@bruneifootballHead to head Indonesia U19 vs Brunai Darussalam U19. Foto: Instastory@bruneifootball

Kemenangan terbesar timnas Indonesia U-19 atas Brunei Darussalam U-19 terjadi pada 14 September 2011 lalu di Yangon, Myanmar, tepatnya di Aung San Stadium.

Kala itu timnas Indonesia yang pada akhirnya tetap gagal lolos ke semifinal mampu memberondong gawang negeri jiran via hattrick Rahmat Saputro dan Zoel Fhadli.

Sisa gol kemudian diklaim oleh Dian Ardiansyah (dua gol) beserta Syahru Ramadhan dan Rahmadana. Brunei pun jadi juru kunci grup dengan poin nol dan selisih gol -30.

Sementara itu kemenangan terbaru timnas Indonesia atas Brunei Darussalam baru dirasakan di edisi teranyar Piala AFF U-19 pada 2019 silam di Vietnam.

Brace dari Bagus Kahfi dan Rendy Juliansyah ditambah sumbangan satu gol masing-masing dari Beckham Putra dan Khairul Imam Zakiri membuat Brunei luluh lantak dengan skor 6-1.