Liga Indonesia

Piala AFF U-19: Timnas Indonesia Belum Menang, Begini Respons Bijak Menpora

Senin, 4 Juli 2022 15:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan antara Indonesia U-19 vs Vietnam U-19 di Piala AFF U-19 2022. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan antara Indonesia U-19 vs Vietnam U-19 di Piala AFF U-19 2022.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora), Zainudin Amali sempat nonton langsung laga perdana Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022, dua hari lalu.

Menpora Zainudin Amali menilai ajang Piala AFF ini bagus untuk skuad Garuda Nusantara sebelum mengarungi Piala Dunia U-20 tahun depan.

Meski ciptakan banyak peluang, tim asuhan Shin Tae-yong tak mampu bobol gawan lawan karena buruknya penyelesaian akhir. Timnas U-19 hanya bermain imbang 0-0 kontra Vietnam. 

Kendati belum menang, Menpora Zainudin Amali tetap mengapresiasi perjuangan para pasukan Timnas Indonesia U-19. 

Dia menegaskan, pengalaman bertanding lebih penting bagi bagi Garuda Nusantara karena jadi persiapan awal sebelum tampil di Piala Dunia U-20 2023.

"Anak-anak yang bermain sekarang ini adalah yang dipersiapkan untuk tampil di FIFA World Cup U-20,” kata Menpora, Zainudin Amali.

"Semakin banyak mereka mengikuti kompetisi, maka semakin bagus ya. Pelatih juga bisa melihat perkembangan mereka," imbuhnya. 

Saat ini, Timnas U-19 masih tertahan di peringkat keempat klasemen Grup A Piala AFF U19 2022. Skuad Garuda Nusantara baru kumpulkan satu poin, di bawah Myanmar, Thailand dan Vietnam. 

Sementara itu, Brunei ada di dasar klasemen sementara setelah kalah telak 0-7 dari Myanmar di laga perdana.