Liga Italia

Pilih Juventus atau AC Milan? Ini Dia Klub Liga Italia yang Diincar Pep Guardiola

Selasa, 5 Juli 2022 20:25 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Reuters/Jason Cairnduff
Pep Guardiola menunjukkan minat untuk melatih Palermo di Liga Italia usai klub tersebut menjadi 'saudara' Manchester City di City Football Group. (Foto: Reuters/Jason Cairnduff) Copyright: © Reuters/Jason Cairnduff
Pep Guardiola menunjukkan minat untuk melatih Palermo di Liga Italia usai klub tersebut menjadi 'saudara' Manchester City di City Football Group. (Foto: Reuters/Jason Cairnduff)

INDOSPORT.COM - Walau saat ini masih sibuk menukangi Manchester City di Liga Inggris, Pep Guardiola sepertinya tidak menutup peluang untuk melatih di Liga Italia.

Klub yang membuat penasaran manajer asal Spanyol itu bukannya Juventus, AC Milan, atau klub-klub raksasa lain namun justru Palermo.

Palermo memang sempat punya era kejayaan di awal kepemilikan konglomerat Maurizio Zamparini (2002-2013) dimana mereka sukses promosi ke kasta tertinggi dan kemudian rajin mengisi persaingan di sepuluh besar.

Akan tetapi kini Palermo justru kembali terjerembap di Serie B. Akibat krisis ekonomi dan pelanggaran regulasi kemudian Il Rosanero bahkan sempat diturunkan langsung ke Serie D pada 2019/2020.

Reputasi sebagai kesebelasan kuda hitam yang sukses membesarkan banyak pemain top era modern macam Javier Pastore, Edinson Cavani, hingga Paulo Dybala kemudian seakan terlupakan begitu saja.

Namun beruntung Palermo cepat bangkit. Di bawah manajemen baru mereka perlahan menaiki tangga piramida Liga Italia lagi dan pada 2021/2022 lalu sukses mendapat tiket promosi dari Serie C ke Serie B.

Kembali ke Guardiola, dari mana sebenarnya sumber ketertarikannya pada Palermo?. Manchester City adalah jawabannya.

Pemilik The Citizens, Abu Dhabi United Group, pada Senin (4/7/22) lalu menyelesaikan pembelian kepemilikan Palermo senlai 13 juta Euro.

Artinya Palermo kini resmi menjadi bagian City Football Group. Jaringan yang membawahi banyak klub di dunia seperti New York City FC, Melbourne City FC, Yokohama F. Marinos, Girona, dan tentu saja Manchester City dan sejumlah tim lain.

Pep Guardiola sendiri tidak asing dengan Liga Italia. Semasa ia aktif bermain ia pernah membela beberapa tim dari Negeri Pasta seperti AS Roma dan Brescia.