Liga Indonesia

Posisi Kakang Rudianto di Timnas U-19 Berubah, Ini Reaksi Pelatih Persib

Kamis, 7 Juli 2022 15:44 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Media Persib Bandung
Pemain Diklat Persib, Kakang Rudianto, saat berlatih dengan tim Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Senin (7/9/20). Copyright: © Media Persib Bandung
Pemain Diklat Persib, Kakang Rudianto, saat berlatih dengan tim Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Senin (7/9/20).

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menanggapi perubahan posisi Kakang Rudianto bersama timnas Indonesia U-19 di Piala AFF 2022.

Diketahui, Kakang Rudianto merupakan pemain berposisi bek tengah, namun bersama di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong dia dipasang sebagai bek sayap.

Menurut Robert, situasi tersebut mirip saat Asnawi Mangkualam saat masih menjadi andalannya di lini tengah PSM Makassar, namun justru bergeser ke bek kakan di timnas Indonesia. 

Bermain di beberapa posisi menurut Robert sangat bagus bagi pemain itu sendiri, karena hal tersebut membuat pemain memiliki beberapa kelebihan. 

Apalagi, Kakang Rudianto usianya masih muda sehingga diharapkan pemain jebolan Akademi Persib tersebut bisa semakin berkembang, baik di timnas Indonesia U-19 maupun skuat Maung Bandung.

"Sama seperti Asnawi di Makassar, karena dia sejatinya adalah seorang gelandang dan di timnas mulai digunakan sebagai bek kanan. Dia tumbuh sebagai bek kanan. Situasi serupa dialami Kakang," ungkap Robert Rene Alberts. 

"Memang ada tujuan dan hasilnya ketika bermain di timnas Indonesia atau liga. Tapi saya rasa bagus untuk perkembangan Kakang, karena dia masih muda," cetusnya.

Mantan pelatih PSM Makassar ini akan terus memantau perkembangan pemain yang berbeda di timnas, di antaranya Kakang Rudianto.

"Kami akan memantaunya apakah dia bisa menunjukan level permainan yang sama ketika bersama tim ini," jelas Robert Rene Alberts.